Probiotik Dalam Makanan Dapat Membantu Mengatasi Bau Mulut

Daftar Isi: [Lihat]
bau mulut
Berbicara jarak dekat dengan orang yang bau mulutnya kurang sedap memang tidak nyaman. Apalagi kalau sampai berciuman dengan orang tersebut. 

Nah, ini ada berita mengembirakan bagi mereka yang bau mulutnya tidak sedap. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal BMJ Open, probiotik yang kerap ditemukan dalam makanan fermentasi seperti yogurt, dapat mengurangi bau kurang sedap yang berasal dari mulut.

Probiotik yang berjasa itu antara lain Lactobacillus salivarius, Lactobacillus reuteri, Streptococcus salivarius dan Weissella cibaria. Pada penelitian ini, probiotik ini diberikan dalam bentuk suplemen dan berguna untuk menyegarkan pernafasan.

Bau mulut sendiri disebabkan oleh unsur sulfur volatil yang terdapat dalam udara pernafasan. Unsur ini diproduksi oleh bakteri yang ada dalam rongga mulut yang merupakan perpaduan antara bakteri itu sendiri, serpihan makanan ditambah dengan buruknya kondisi gusi dan gigi.

Beberapa upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi bau mulut diantaranya menggunakan mouthwash, permen karet, skeling gigi dan pembersihan permukaan lidah. 

Nah, hasil penelitian ini bisa jadi merupakan upaya tambahan untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap yakni menggunakan probiotik.

Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu ada masalah dengan bau mulut yang tidak sedap? Gak ada salahnya untuk mencoba alternatif cara mengatasi ini.