Tingkatkan Kesehatan Jantung Dengan Madu

Daftar Isi: [Lihat]

madu sehat
Sebuah penelitian baru dari Universitas Toronto membawa berita gembira bagi penggemar madu. Menurut kesimpulan penelitian yang saya baca, madu dapat meningkatkan kesehatan kardiometabolik, termasuk kadar gula darah dan kolesterol, terutama jika madu itu murni dan berasal dari satu sumber bunga.

Kardiometabolik sendiri dapat diartikan sebagai proses metabolisme tubuh yang mempengaruhi organ jantung terutama fungsi jantung sebagai organ pemompa darah.

Para peneliti melakukan tinjauan sistematis dan meta-analisis uji klinis pada madu. Hasilnya, madu dapat menurunkan kadar gula darah puasa, kadar kolesterol total dan kolesterol LDL serta kadar trigliserida. Madu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang dikenal sebagai kolesterol baik.

Hasil ini tentu saja sangat mengejutkan mengingat madu sendiri mengandung sekitar 80 persen gula. Meskipun demikian, kandungan madu tidak hanya berupa gula melainkan terdiri dari komposisi kompleks dari gula umum dan langka, protein, asam organik dan senyawa bioaktif lainnya. Kemungkinan besar, komposisi inilah yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Penelitian sebelumnya sempat menyimpulkan madu dapat meningkatkan kesehatan kardiometabolik, tapi penelitian itu hanya terbatas pada hewan yang dilakukan di dalam laboratorium.

Hasil penelitian ini sekaligus membantah anggapan para ahli gizi yang memegang teguh prinsip "gula adalah gula". Hasil penelitian ini menunjukkan, madu tidak bisa dipandang sesederhana itu.

Dalam uji klinis ini, para peserta mengikuti pola hidup sehat dengan tambahan gula sebanyak 10 persen atau kurang dari asupan kalori harian.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Nutrition Review.