Darimanakah Sumber Vitamin Terbaik?

Daftar Isi: [Lihat]

makanan bervitamin
Suplemen vitamin baik berbentuk tablet maupun minuman memang tampak praktis dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian karena kandungan vitaminnya berlimpah. Tapi, tahukah kamu? Makanan tetap menjadi sumber vitamin terbaik untuk tubuh.

Banyak penelitian yang telah membuktikan, vitamin yang bersumber dari makanan atau vitamin alami menjadi pilihan yang terbaik bagi tubuh. Takaran vitamin yang terdapat pada makanan lebih pas bagi kebutuhan tubuh.

Misalnya, satu kapsul minyak ikan memang mengandung vitamin dan zat lemak yang dibutuhkan tubuh, tapi komposisi yang terdapat pada kapsul minyak ikan tidak akan bisa menyamakan komposisi minyak yang terdapat pada ikan konsumsi. 

Cara terbaik memperoleh vitamin dan mineral yang lengkap dari makanan adalah dengan menu makanan harian yang bervariasi. Makanan bervariasi yang penuh warna merupakan salah satu ciri makanan yang bergizi seimbang. 

Misalnya semangkuk oatmeal dianggap satu warna, dengan menambahkan blueberry maka akan menjadi dua warna. Bahkan kopi pun diperhitungkan karena kopi kaya dengan antioksidan.

Bila tidak paham dengan kebutuhan vitamin tubuh atau merasa tubuh kekurangan vitamin maka ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

Khusus untuk vitamin D, karena jumlah di makanan sangat kurang dan penyerapan tubuh pun buruk serta di daerah 4 musim yang jarang terpapar sinar matahari maka masih dibutuhkan tambahan suplemen agar kebutuhan vitamin D tubuh tercukupi.