Kebanyakan Main HP Dapat Mempercepat Penuaan

Tabel of Content [View]
cahaya biru

Selama ini, berlama lama di depan HP selalu dikaitkan dengan obesitas dan masalah psikologis. Namun, sebuah studi terbaru berhasil menemukan adanya masalah baru yang berhubungan dengan durasi memainkan HP. Studi itu menyimpulkan, sinar biru yang dihasilkan oleh HP dapat mempengaruhi fungsi dasar selulur sehingga dapat mempercepat proses penuaan sel. Studi ini dipublikasikan dalam Frontiers in Aging.

Selain dari HP, sinar biru atau blue light juga dihasilkan oleh perangkat yang digunakan sehari hari seperti TV dan laptop. Efeknya dapat merugikan sel tubuh manusia, dari sel pada kulit, lemak hingga neuron sensorik. Tingkat metabolit spesifik -- bahan kimia esensial agar sel dapat berfungsi dengan baik -- diubah oleh paparan sinar biru.

Para peneliti menyarankan, menghindari paparan sinar atau cahaya biru yang berlebihan mungkin bisa dijadikan strategi anti penuaan yang baik.

Mematikan lampu

Para peneliti pada studi ini menggunakan lalat buah sebagai hewan percobaan. Setelah dilakukan berbagai tahap penelitian, termasuk melakukan pembandingan tingkat metabolit pada lalat yang terpapar cahaya biru, didapat kesimpulan terdapat perbedaan metabolit spesifik pada lalat buah yang tidak terpapar dan yang terpapar cahaya biru.

Mempercepat penuaan

Perubahan yang terjadi pada tingkat sel adalah sel sel ini bekerja pada tingkat yang kurang optimal dan dapat menyebabkan kematian dini pada sel. Bila kondisi ini terjadi pada banyak sel maka bisa dikatakan, paparan cahaya biru dapat mempercepat penuaan.

LED menjadi sumber cahaya utama pada perangkat yang digunakan manusia saat ini dan LED juga menjadi sumber cahaya biru. 

Perlu dilakukan studi lanjutan pada manusia untuk memastikan efek dari sinar biru ini pada tubuh manusia.