22/07/2021

Apakah Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Efektif Melawan Covid19 Varian Delta?

| 22/07/2021

vaksin astrazeneca

Saat ini dunai sedang dihebohkan dengan Covid19 varian delta atau dikenal dengan nama B.1.617. Varian Covid19 yang pertama kali muncul di India ini dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Menurut WHO, sebagian besar lonjakan kasus Covid19 yang terjadi secara global disebabkan oleh varian delta.

Kemunculan varian delta ini juga memantik kekhawatiran akan khasiat vaksin Covid19 yang saat ini digunakan. Apakah vaksin vaksin ini masih efektif untuk mengatasi varian delta?

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine, efektivitas vaksin buatan Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca terhadap varian delta mengalami penurunan bila dibandingkan dengan efektivitas terhadap varian alpha (B.1.1.7). 

efektivitas vaksin


Penurunan kemanjuran kedua vaksin ini terutama terlihat setelah penyuntikan dosis pertama. Penurunan kemanjuran masih terjadi setelah sasaran mendapatkan dosis kedua.

Meskipun ada penurunan, para ahli masih optimis kedua vaksin ini masih efektif digunakan untuk melawan Covid19 varian delta. Setidaknya saat dilakukan penelitian, mereka yang disuntik menggunakan kedua vaksin ini mengalami gejala yang ringan.

Para peneliti mengakui adanya banyak keterbatasan dalam penelitian ini sehingga diperlukan penelitian yang lebih lengkap, tapi dari data ini sudah bisa dibuat kesimpulan awal bahwa vaksin Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca masih efektif melawan Covid19 varian delta. 

Untuk itu perlu dilakukan percepatan vaksinasi guna menekan laju lonjakan kasus Covid19 varian delta.

Baca juga

No comments:

Post a Comment