Kematian Akibat Covid19 Tahun ini Telah Melampaui Total Kematian Tahun 2020

Tabel of Content [View]

Covid19

Sebuat laporan resmi menyebutkan, jumlah kematian akibat Covid19 tahun ini telah melampaui total kematian akibat Covid19 sepanjang tahun 2020. Laporan ini mengingatkan kita bersama bahwa panemi global Covid19 masih jauh dari kata selesai, bahkan ketika vaksinasi telah dilakukan secara gencar di negara negara kaya dan maju.

Butuh waktu kurang dari enam bulan bagi dunia untuk mencatat lebih dari 1,88 juta kematian akibat Covid-19 tahun ini. Menurut analisis data yang dilakukan oleh ahli dari Universitas Johns Hopkins, pada minggu ini, jumlah total kematian akibat Covid19 tahun 2020 telah sama dengan jumlah kematian akibat Covid19 tahun 2021 

Angka angka ini juga menggambarkan tidak meratanya penyebaran pandemi Covid19 di seluruh dunia. Sebagian besar kasus kematian terjadi di negara negara miskin, salah satunya karena terhambatnya akses vaksin Covid19 ke negara negara ini. Sementara itu, negara negara maju di Eropa dan Amerika Serikat telah menikmati keuntungan dari program vaksinasi Covid19. 

Kesenjangan distribusi vaksin Covid19 antara negara negara maju dan negara miskin sangat kentara. Skema Covax yang memberikan akses vaksin gratis ke negara negara miskin belum mampu mengurangi kesenjangan ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang memanfaatkan vaksin Covid19 gratis dari skema Covax yakni vaksin Astra Zeneca.

Berita terakhir, negara negara maju yang masuk ke dalam kelompok G7 berencana mendonasikan 1 milyar vaksin untuk negara negara miskin ini. Mudah mudahan janji ini segera menjadi kenyataan sehingga penyebaran vaksin di seluruh dunia menjadi lebih merata dan pandemi Covid19 lebih mudah dikendalikan.