04/05/2021

Vaksin Covid19 Ini Bisa Digunakan Untuk Remaja

| 04/05/2021

covid19 remaja

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) akhirnya mengeluarkan sebuah kabar gembira bagi kalangan remaja. Mereka menyetujui penggunaan vaksin Covid19 bagi remaja usia 12 sampai 15 tahun.

Vaksin Covid19 yang mendapat persetujuan itu adalah vaksin buatan Pfizer BioNTech. Sebelumnya pada sekitar bulan Desember tahun lalu, vaksin ini telah mendapatkan persetujuan untuk disuntikan pada mereka yang berusia diatas 16 tahun. Penelitian efikasi dan keamanan vaksin Covid19 buatan Pfizer untuk remaja telah dimulai sejak bulan Oktober tahun lalu.

Konsekuensi dari persetujuan ini adalah akan ada 13 juta tambahan dosis vaksin Pfizer yang dibutuhkan untuk program vaksinasi bagi kalangan remaja. Hal ini penting untuk mencapai kekebalan komunal dan percepatan pembukaan sekolah tatap muka.

Pemberian ijin ini menimbulkan pertanyaan tentang manfaat vaksin Covid19 bagi kalangan anak anak meningat hanya 471 orang anak yang terinfeksi Covid19 atau sekitar 0,1 persen dari total kasus Covid19 yang terjadi di Amerika Serikat.

Bila vaksin Covid19 buatan Pfizer telah mendapatkan lampu hijau dari FDA untuk digunakan pada remaja, tidak demikian halnya dengan CDC. Pusat pengendalian penyakit Amerika Serikat ini masih menunggu penelaahan lebih lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh Pfizer.

CDC selanjutkan akan memberikan rekomendasi apakah vaksin Covid19 buatan Pfizer aman dan efektif untuk remaja yang berusia antara 12 sampai 15 tahun.

Di Indonesia sendiri, vaksin Covid19 buat Pfizer belum masuk ke dalam daftar vaksin Covid19 yang menjadi program pemerintah. Baik itu untuk vaksinasi program percepatan vaksiansi Covid19 pemerintah maupun vaksinasi gotong royong.

Baca juga

No comments:

Post a Comment