30/04/2021

FDA Melarang Penambahan Perasa Menthol Pada Rokok, Ini Alasannya

| 30/04/2021

rokok menthol

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) baru baru ini mengumumkan akan melarang penambahan semua perasa/aroma pada produk rokok termasuk perasa menthol. Keputusan ini dibuat tidak terlepas dari desakan berbagai pihak di Amerika Serikat guna menurunkan angka konsumsi rokok di negara itu.

Menurut FDA, adanya menthol dalam rokok membuat orang terpancing untuk merokok dan meningkatkan efek dari zat nikotin yang ada pada rokok. Peningkatan efek nikotin ini membuat perokok lebih kecanduan dan sulit untuk lepas dari rokok.

Ada 19 organisasi kesehatan yang mendesak FDA mengeluarkan aturan ini. Kesembilan belas organisasi itu antara lain American Academy of Pediatrics, American Cancer Society, American Medical Association, American Heart Association, and the National Medical Association.

FDA sebenarnya sudah melarang penambahan berbagai macam perasa pada rokok sejak tahun 2009, tapi larangan ini tidak berlaku untuk menthol. Pada tahun 2013, sekelompok masyarakat membuat petisi agar FDA melarang menthol. Petisi ini baru ditanggapi FDA beberapa bulan kemudian dengan mengeluarkan pernyataan akan menindaklanjuti isi petisi tersebut.

Baru pada awal tahun 2021 ini rencana FDA melarang menthol diputuskan, itupun baru akan dilakukan tahun depan. Entah apa yang menyebabkan FDA begitu lambat merespon keinginan masyarakat ini.

Bagaimana dengan Indonesia?

Baca juga

No comments:

Post a Comment