04/04/2021

Daftar Makanan Yang Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi

| 04/04/2021

makan pasca operasi

Salah satu keinginan seseorang setelah tindakan operasi adalah segera bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Tentu saja hal ini baru bisa dilakukan setelah luka operasi dinyatakan sembuh dan tidak ada lagi keluhan yang berhubungan dengan tindakan operasi.

Salah satu cara untuk mempercepat pemulihan pasca operasi adalah mengonsumsi jenis makanan tertentu. Makanan makanan ini selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, juga mampu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terjadinya reaksi inflamasi.

Berikut beberapa jenis makanan yang bagus dikonsumsi pasca tindakan operasi:

1. Buah jeruk.

Buah jeruk kaya dengan vitamin C sebagai sumber kolagen dalam penyembuhan luka operasi. Kolagen penting dalam pembentukan jaringan parut dalam penyembuhan luka operasi.

2. Buah berries.

Pasca operasi, konsentrasi radikal bebas umumnya meningkat dan ini tidak bagus dalam proses penyembuhan luka. Konsentrasi radikal bebas yang berlebihan dapat merusak sel sehingga menghambat proses penyembuhan luka. Sebagaimana diketahui, buah berries seperti blueberris, blackberries dan stroberries kaya akan antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh. 

3. Ikan.

Ikan mengandung minyak ikan yang membantu tubuh dalam memecah vitamin yang dibutuhkan dalam pemulihan pasca tindakan operasi. Lemak ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang membantu mencegah terjadinya proses inflamasi pada luka sehingga luka lebih cepat sembuh.

4. Daging merah.

Asam amino yang terkandung di dalam daging merah sangat penting dalam proses penyembuhan luka. 

5. Karbohidrat.

Karbohidrat adalah sumber energi penting bagi tubuh, pun demikian dengan proses penyembuhan luka. Otot memerlukan energi yang adekuat saat proses penyembuhan luka dan pemulihan pasca tindakan operasi.

Baca juga

No comments:

Post a Comment