06/03/2021

Terbukti, Memakai Masker Dapat Menurunkan Angka Kematian

| 06/03/2021

memakai masker

Salah satu anjuran yang harus dilakukan guna mencegah penularan Covid19 adalah dengan memakai masker. Benarkah demikian?

Sebuah penelitian yang dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC mengungkapkan, daerah daerah yang melonggarkan kebijakan pemakaian masker mengalami peningkatan kasus Covid19 secara signifikan pada hari ke 41 sampai dengan 100. Bahkan angka kematian yang berhubungan dengan Covid19 meningkat signifikan setelah hari ke 60.

Di sisi lain, daerah daerah yang melakukan pengetatan penggunaan masker mengalami penurunan kasus Covid19 dalam beberapa minggu.

Penelitian ini dipublikasikan CDC dalam CDC Morbidity and Mortality Weekly Report.edisi 5 Maret 2021.

Peneliti tidak membandingkan jumlah penularan pada mereka yang memakai masker dengan yang tidak memakai masker, namun menyimpulkan angka peningkatan kasus dan angka kematian yang terjadi sebelum dan setelah pengetatan pemakaian masker.

Ini bukan penelitian pertama yang dipublikasikan CDC berkaitan dengan pentingnya pemakaian masker untuk mencegah penularan Covid19. Sebelumnya CDC juga mempublikasikan penelitian tentang risiko tertular Covid19 pada orang yang melepas masker saat makan. Kesimpulan penelitian saat itu tidak berbeda jauh dengan penelitian yang dilakukan saat iini.

Baca juga

No comments:

Post a Comment