01/03/2021

Teknologi 5G Boros Baterai?

| 01/03/2021

5G

Tulisan ini mungkin bisa menjadi pertimbangan bagimu sebelum memutuskan untuk membeli gadget berteknologi 5G. Yap, menurut mereka yang telah mencoba teknologi ini (di Indonesia sih belum ada), baterai ponsel cenderung lebih cepat habis. Entah apa penyebabnya, tapi menurut pengakuan mereka, kemungkinan besar fitur dan teknologi terkini dari 5G-lah yang menjadi biang keroknya.

Karena pemecahan masalah ini masih menemui jalan buntu, para operator seluler menyarankan penggunanya untuk mematikan sementara fitur 5G di ponsel saat tidak digunakan. Tentu saja cara ini bukan solusi yang bagus mengingat mereka membeli ponsel berteknologi 5G tujuannya ya bisa selalu digunakan, bukan digunakan saat diperlukan saja.

Verizon, salah satu operator seluler terbesar di negeri Paman Sam malah sempat mentwit masalah ini di twitter meskipun kemudian twit itu dibantah.

Are you noticing that your battery life 🔋 is draining faster than normal? One way to help conserve battery life is to turn on LTE. 📲 Just go to Cellular > Cellular Data Options > Voice & Data and tap LTE. 😀 😀

— Verizon Wireless CS (@VZWSupport) February 28, 2021

Secara teknis tidak ada yang salah dengan apa yang disampaikan oleh Verizon lewat akun twitternya, tapi tentu saja hal ini bertolak belakang dengan promosi 5G yang selama ini mereka lakukan. Dalam promosinya, mereka menjamin kecepatan yang luar biasa dari teknologi 5G, tapi disisi lain mereka meminta pengguna untuk mematikan fitur 5G. Kalau begitu ya gak usah sekalian menggunakan 5G, tetap saja di LTE atau 4G.

Sampai saat ini solusi mengatasi baterai boros pada teknologi 5G belum diketahui. Sebenarnya kondisi ini mirip dengan di awal awal kemunculan teknologi 3G dan 4G, saat itu pengguna juga mengeluhkan baterai yang boros, tapi seiring dengan berjalannya waktu dan ditemukannya kapasitas baterai ponsel yang makin besar maka keluhan baterai boros sudah tidak dirasakan lagi.

Bagaimana dengan di Indonesia? Ponsel berteknologi 5G sudah mulai dipasarkan tetapi sinyalnya belum ada. Jadi, mari kita bersabar.

Baca juga

No comments:

Post a Comment