15/03/2021

Penggunaan Vaksin AstraZenica Dihentikan di Negara Ini, Apa Alasannya?

| 15/03/2021

vaksin astrazeneca

Sebuah wilayah di Italia, tepatnya di Piedmont bagian utara menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca setelah seorang guru tiba tiba meninggal dunia sehari setelah mendapatkan suntikan, demikian menurut otoritas setempat.

Guru wanita yang tidak diketahui dengan pasti umurnya itu, meninggal dunia pada hari Minggu di Biella, sebuah kota di bagian utara Turin, Italia.

Menurut otoritas kesehatan setempat, ini merupakan kejadian ikutan pasca imunisasi yang cukup ektrim dan saat ini sedang dilakukan penyelidikan apakah ada hubungan sebab akibat antara kematian dengan pemberian vaksin.

Sebelumnya pada hari Kamis, Italia secara resmi menunda penggunaan vaksin virus corona AstraZeneca karena adanya ketakutan adanya pembentukan blood clots atau sumbatan bekuan darah (trombus). Beberapa kasus blood clots sempat membuat heboh eropa pasca penyuntikan vaksin AstraZeneca.

Blood clots atau trombus adalah gumpalan darah yang terbentuk pada dinding pembuluh darah. Gumpalan darah sebenarnya bermanfaat untuk menghentikan perdarahan, sebagai respons terhadap cedera atau luka. Namun ketika terjadi di luar kondisi tersebut, trombus dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Beberapa negara eropa yang telah menunda penggunaan vaksin AstraZeneca antara lain Irlandia, Denmark, Norwegia dan Bulgaria. 

WHO dan AstraZeneca sendiri telah mengumumkan tidak adanya hubungan sebab akibat antara penyuntikan vaksin dengan kejadian blood clots (trombus).

Bagaimana dengan Indonesia yang saat ini juga berencana menggunakan vaksin virus corona buatan AstraZeneca?

Sumber: AFP

Baca juga

No comments:

Post a Comment