23/03/2021

Obat Ini Menyelamatkan Pasien Covid19 Dari Kematian

| 23/03/2021

dexamethasone

Obat spesifik untuk Covid19 memang belum ditemukan, faktanya di lapangan, para dokter telah menggunakan berbagai macam obat untuk menyelamatkan pasien Covid19 dari kematian. Salah satu obat yang digunakan itu adalah dexamethasone.

Penggunaan dexamethasone pada pengobatan Covid19 telah berhasil menyelamatkan 22ribu orang di Inggris atau sekitar 1,4 juta orang di seluruh dunia. Temuan ini merupakan pernyataan resmi dari otoritas kesehatan Inggris bekerjasama dengan Universitas Oxford.

Menurut mereka, penggunaan obat steroid murah ini telah berhasil menyelamatkan sepertiga pasien Covid19 bergejala berat dari kematian.

Di Inggris, penggunaan dexamethasone untuk mengobati pasien Covid19 telah dilakukan sejak bulan juni tahun lalu. 

Sebagaimana diketahu, dexamethasone adalah obat steroid yang berfungsi untuk mengatasi peradangan, reaksi alergi dan penyakit autoimun. Obat murah ini dulu dikenal sebagai "obat dewa" karena digunakan mengobati berbagai macam penyakit.

Sebagaimana dilakukan di Inggris, para dokter Indonesia juga kerap menggunakan dexamethasone dalam moda terapi pasien pasien Covid19 bergejala berat terutama pasien yang dirawat di rumah sakit. 

Baca juga

No comments:

Post a Comment