11/03/2021

Kapan Pandemi Covid19 Akan Berakhir? Ini Kata Para Ahli

| 11/03/2021

pandemi covid19

Kapan sih pandemi Covid19 akan berakhir? Pertanyaan ini kerap muncul di tengah tengah masyarakat seiring dengan makin lelah dan frustasinya mereka menghadapi pandemi Covid19 yang berkepanjangan. 

Sampai saat ini, tidak ada satu ahli pun yang berani memastikan kapan pandemi Covid19 akan berakhir. Meskipun pandemi ini masih akan ada sampai beberapa tahun ke depan, para ahli berani memastikan kita tidak akan hidup selamanya bersama dengan Covidi9.

Kalaupun Covid19 tidak hilang untuk selamanya, penyakit ini akan menjadi tidak berbahaya atau bisa dikendalikan dengan baik seperti halnya flu atau common cold.

Kondisi ini akan terjadi ketika makin banyak orang yang kebal terhadap Covid19. Kekebalan itu bisa muncul karena terinfeksi virus Corona penyebab Covid19 atau sudah mendapatkan vaksinasi.

Keyakinan para ahli ini muncul setelah berkaca dari pandemi flu yang pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun 1918, pandemi flu merenggut jutaan nyawa manusia dan seiring dengan berjalannya waktu, flu menjadi penyakit yang mudah untuk dikendalikan.

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat memprediksi sepertiga dari populasi dunia akan terinfeksi virus corona. Penyebaran virus akan berkurang setelah makin banyak orang yang kebal terhadap virus tersebut.

Munculnya varian baru Covid19 mungkin akan sedikit mengacaukan prediksi itu, tapi secara umum tidak akan terlalu berpengaruh terhadap perjalanan pandemi secara umum.

Agak sulit memastikan virus Corona akan lenyap dari muka bumi karena adanya kemungkinan terjadi reinfeksi pada orang orang yang pernah sakit atau yang telah mendapatkan vaksinasi.

Sampai saat ini, hanya virus smallpox penyebab cacar yang berhasil dilenyapkan dari muka bumi. Mengapa? Karena kekebalan terhadap virus smallpox bertahan lama setelah orang terinfeksi atau mendapatkan vaksinasi.

Pertanyaannya, menurutmu kapan pandemi ini akan berakhir?

Baca juga

No comments:

Post a Comment