29/03/2021

Berikut Laporan WHO Tentang Asal Mula Covid19

| 29/03/2021

virus corona

Setelah bekerjasama dengan Tiongkok melakukan penyelidikan tentang Covid19, WHO akhirnya merilis laporan awal mengenai asal usul virus corona penyebab Covid19. Menurut laporan tersebut, manusia terinfeksi virus corona yang berasal dari kelelawar melalui perantara hewan lain. 

Laporan ini sekaligus membantah rumor selama ini yang mengatakan virus corona berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan, Tiongkok.

Hasil laporan ini sebenarnya sudah diduga sebelumnya dan meskipun masih meninggalkan beberapa pertanyaan yang belum terjawab, para ahli memastikan bahwa virus corona bukan berasal dari kebocoran laboratorium.

Uniknya, laporan ini dirilis agak terlambat dari yang direncanakan. Tentu saja hal tersebut menimbulkan pertanyaan, apakah pemerintah Tiongkok berusaha mempengaruhi hasil kesimpulan WHO agar mereka tidak disalahkan atas terjadinya pandemi Covid19. 

WHO sendiri masih enggan menjelaskan apakah ini merupakan laporan final atau masih akan ada laporan baru yang belum dirilis. 

Lebih jauh dalam laporan WHO disebutkan, ada empat skenario kemungkinan virus corona masuk ke dalam tubuh manusia. Skenario teratas adalah virus SARS-CoV2 penyebab Covid19 ditularkan ke manusia melalui bantuan hewan kedua. Artinya, ada hewan lain yang terlibat dalam penularan ini dari kelelawar sebelum mencapai manusia. Skenario lain adalah dari kotak pendingin makanan, tapi kemungkinan ini sangat kecil.

Baca juga

No comments:

Post a Comment