10/03/2021

Apakah Ibu Menyusui Boleh Divaksin Covid19?

| 10/03/2021

menyusui

Tentu sudah banyak yang tahu jawabannya ya. Menurut Surat Edaran Menteri Kesehatan nomor: 368 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid19 Pada Kelompok Sasaran Lansia Komorbid dan Penyintas Covid19 serta Sasaran Tunda, ibu menyusui sudah dibolehkan untuk vaksinasi Covid19.

Perdebatan kembali muncul ketika muncul pertanyaan, saat usia bayi berapa bulan, ibu menyusui boleh divaksinasi? Ada dokter spesialis anak yang bilang usia 3 bulan, ada pula yang bilang setelah 6 bulan. Dari bisik bisik di grup vaksinator didapatkan informasi, tidak ada batasan usia, tapi sebaiknya diatas 6 bulan. Makin bingung kan?

Akhirnya setelah bertanya kesana kemari (ke teman yang dokter anak sampai ke teman yang bekerja di dinas kesehatan Bali), diperoleh jawaban, sesuai dengan petunjuk teknis atau surat edaran Kemenkes yang terbaru yakni tidak ada batasan usia bayi untuk ibu menyusui yang ingin divaksinasi.

Nah, bagi yang saat ini sedang menyusui dan ingin divaksinasi silakan menuju tempat vaksinasi terdekat (sementara vaksin baru tersedia untuk tenaga kesehatan, lansia dan petugas pelayanan publik).

Berikut isi lengkap dari juknis atau SE terbaru tentang vaksinasi Covid19:

juknis vaksin covid19

juknis vaksin covid19


Baca juga

No comments:

Post a Comment