12/03/2021

Apakah Covid19 Menular Lewat ASI?

| 12/03/2021

covid19

Pandemi Covid19 memancing para ahli untuk melakukan penelitian tentang sepak terjang penyakit ini dari setiap sudut. Salah satunya yang baru baru ini dipublikasikan dalam jurnal mBio. Para peneliti yang berasal dari University of Rochester Medical Center (URMC) mencoba mencari tahu peranan air susu ibu atau ASI dalam penularan Covid19.

Baca juga: Belajar Membedakan OTG, ODP, PDP dan Positif Covid19

Hasilnya, air susu ibu atau ASI tidak menularkan virus SARS-CoV2 dari ibu ke bayi. Meskipun demikian, terjadi transfer antibodi dari ibu ke bayi melalui ASI yang bermanfaat untuk menetralisir virus SARS-CoV2.

Penelitian ini menganalisa 37 sampel susu dari 18 orang wanita yang didiagnosa Covid19. Tidak satupun dari sampel susu yang diperiksa mengandung virus SARS-CoV2, sementara dua per tiga dari keseluruhan sampel susu mengandung dua antibodi spesifik terhadaro virus tersebut.

Konsekuensi penting dari hasil penelitian ini adalah tidak ada lagi pemisahan antara ibu yang positif Covid19 dengan bayinya. Sebelumnya, banyak otoritas kesehatan yang mengeluarkan protokol tentang perawatan ibu menyusui yang memisahkan antara ibu dan bayinya. Mudah mudahan setelah membaca penelitian ini, protokol pemisahan ini segera diubah.

Tidak ada cara lain yang dapat memisahkan ibu dan bayinya selama proses menyusui tanpa didasari bukti yang kuat. Faktanya, banyak otoritas yang mengeluarkan protokol pemisahan ibu mnyusui dan bayinya. Hal itu mungkin disebabkan karena minimnya bukti tentang Covid19 di awal awal pandemi.

Baca juga: 5 Hoax dan Fakta Tenpopuler COVID19

Yang penting dicatat dari hasil penelitian terbaru ini adalah adanya transfer antibodi dari ibu ke bayi melalui ASI. Ini merupakan kabar gembira mengingat sampai saat ini belum ada vaksin Covid19 yang cocok diberikan untuk bayi.

Semoga dengan hasil penelitian ini para ibu tidak lagi merasa was was menyusui bayinya. Bagaimanapun juga ASI masih menjadi makanan terbaik bagi bayi.

Baca juga

No comments:

Post a Comment