03/03/2021

10% Penularan Covid19 Terjadi Di Rumah

| 03/03/2021

covid19 di rumah

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Network Open, satu dari 10 orang yang diperiksa menggunakan metode PCR memberikan hasil positif terinfeksi virus Covid19.

Analisa data dilakukan terhadap lebih dari 7.200 kasus terkonfirmasi yang tinggal di Boston dan sekitarnya antara tanggal 4 Maret sampai dengan 17 Mei 2020. Lebih dari 1.800 yang terkonfirmasi positif berasal dari 18.000 kontak erat di dalam rumah.

Kebanyakan yang terinfeksi di dalam rumah adalah mereka yang berusia lanjut. Diduga mereka mendapatkan infeksi dari kontak erat yang terjadi di dalam rumah. 

Menurut para peneliti, angka 10 persen ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan standar penularan yang terjadi pada penyakit lain. Misalnya flu, penyakit ini angka penularan di dalam rumahnya hanya sekitar 1%.

Apa artinya? Target pencegahan penularan infeksi tidak hanya dilakukan di tempat tempat umum, tetapi juga di dalam rumah. \

Sebagaimana diketahui, virus corona penyebab Covid19 menular dari satu orang ke orang lain melalui percikan yang berasal dari lendir hidung dan mulut. Percikan lendir yang berisi virus ini keluar saat seseorang berbicara, batuk dan bersin.

Di Indonesia sendiri, klaster rumah tangga juga sangat tinggi angka penularannya terutama di kota kota besar. 

Baca juga

No comments:

Post a Comment