Manfaat Daun Salam Untuk Mencegah Penyakit Berbahaya

daun salam

Selama ini kita mengenal daun salam sebagai salah satu pembangkit aroma pada makanan. Daun salam yang memiliki aroma yang khas dipercaya dapat membuat makanan menjadi lebih sedap. Sebagai bahan penyedap makanan, daun salam bisa digunakan saat masih segar atau dalam kondisi layu.

Selain digunakan untuk menyedapkan makanan, daun salam ternyata bisa digunakan sebagai bahan obat tradisional. Kandungan senyawa penting dalam daun salam terbukti dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya termasuk di dalamnya penyakit diabetes, kanker dan kenaikan asam urat.

Berikut beberapa manfaat daun salam untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya:

1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Salah satu manfaat dari daun salam yakni untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk mencegah diabetes. Untuk memperoleh manfaat terbaik tersebut anda bisa mengkonsumsi 1- 3 gram daun salam dalam waktu 1 bulan secara berturut - turut. Dengan cara ini dipercaya dapat mengontrol fungsi lipid dan glukosa dalam tubuh sehingga terhindar dari diabetes tipe 2.

2. Menurunkan resiko kanker

Tak hanya baik untuk penderita diabetes, ternyata daun salam juga baik untuk mencegah penyakit kanker. Pasalnya di dalam daun salm juga terkandung zat anti kanker seperti; eugenol, cafein hingga catechin. Dan tak ketinggalan pula terdapat kandungan senyawa quercetin yang baik untuk mencegah kanker.

3. Mengobati asam urat

Yang terakhir, daun salam juga terbukti efektif untuk mereddakan gejala penyakit asam urat, seperti nyeri di pergelangan kaki dan tangan serta di abgian lutut. Untuk mendapatkan khasiatnya tersebut kita cukup merebus 25 lembar daun salam ke dalam setengah liter air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengah bagian saja. lalu kita saring dan kita konsumsi selagi rebusan tersebut masih hangat. Saran kami sebaiknya konsumsi rebusan ini sebanyak 2 kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari.

0 komentar: