Keamanan Kotak Intubasi Dipertanyakan

kotak intubasi

Pernah mendengar tentang kotak intubasi? Yap, kotak yang dirancang sedemikian rupa guna melindungi dokter atau tenaga kesehatan saat melakukan intubasi pada pasien dengan Covid19. Kotak yang telah banyak digunakan di seluruh dunia ini ternyata keamanannya mulai dipertanyakan.

Menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Anaesthesia, pemakaian kotak intubasi justru dapat meningkatkan paparan partikel airborne yang mengandung virus. Menurut peneliti, kotak intubasi selama ini diproduksi diluar prosedur resmi pembuatan alat alat pelindung kesehatan sehingga keamanan dan efektivitasnya tidak pernah diuji secara klinis.

Saat digunakan, udara yang ada di dalam kotak intubasi banyak mengandung virus. Ketika lubang di setiap sisi kotak intubasi dimasuki tangan operator, lubang ini kemudian berfungsi sebagai katup sehingga ketika pasien batuk, udara yang ada di dalam kotak akan bergelombang dan menyembur pada katup lubang kotak intubasi. Nah, udara yang menyembur keluar ini banyak mengandung partikel airborne yang mengandung virus.

Nah, karena keamanannya mulai dipertanyakan, mudah mudahan kelak ada inovasi yang bisa menemukan kotak atau alat pelindung diri yang lebih baik bagi operator yang melakukan intubasi pada pasien pasien dengan Covid19.

0 komentar: