Orang Tanpa Gejala Belum Tentu Menularkan Virus Corona?

Setelah melakukan pemeriksaan PCR super cepat terhadap 9,9 juta dari 11 juta penduduk Kota Wuhan, dimulai sejak tanggal 14 Mei lalu, otoritas kesehatan Tiongkok mengumumkan tidak adanya kasus baru infeksi virus corona. Pada pemeriksaan ini juga berhasil disaring adanya 300 orang tanpa gejala atau disebut dengan istilah carier.

Sebagaimana diketahui, Wuhan merupakan kota di Tiongkok, dimana infeksi virus corona pertama kali ditemukan pada bulan Desember 2019 lalu. Pemerintah Tiongkok melakukan pemeriksaan PCR secara cepat dan massal guna mendeteksi adanya kasus baru Covid19.

Ada yang unik dari hasil pemeriksaan PCR yang dilakukan pemerintah Tiongkok kali ini. Mereka tidak memasukan orang tanpa gejala ke dalam laporan kasus positif meskipun di dalam tubuhnya terdapat infeksi virus corona. Mengapa? Karena orang orang ini tidak menularkan virusnya ke orang lain.

Pemeriksaan yang dilakukan pada masker, sikat gigi, telepon genggam, pegangan pntu dan tombol lift yang sebelumnya telah dipegang oleh orang orang tanpa gejala, tidak ditemukan adanya kontaminasi virus corona.

Nah, menarik bukan? Orang tanpa gejala belum akan menularkan virus ke orang lain.

0 komentar: