Manfaat Menakjubkan Dari Air Rendaman Kunyit Bagi Perokok

Kunyit adalah rempah yang tidak pernah ketinggalan saat kita memasak di dapur. Berbagai macam menu makanan khas Indonesia pasti tidak lepas dari umbi umbian yang satu ini. 

Kunyit ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai pemberi rasa pada makanan, konsumsi kunyit juga penting untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara mengolah kunyit agar bermanfaat bagi kesehatan adalah dengan meminum air rendaman kunyit.

Ramuan air rendaman kunyit sangat mudah didapat dan dibuat oleh siapapun yang ingin kesehatan tubuhnya terjaga. Selain itu kunyit merupakan bahan alami yang tidak memberikan efek samping jika dikonsumsi secara rutin.

Terlebih bagi seseorang yang merupakan perokok aktif, khasiat air rendaman kunyit ini mampu sebagai bahan alami yang berguna menjaga kesehatan. Tak hanya perokok aktif, seseorang yang terpapar asap rokok atau juga disebut perokok pasit sangat berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan. Yang paling sering terjadi adalah seseorang tersebut mengalami kerusakan paru-paru dan masalah jantung.

Rokok memiliki lebih dari 7.000 bahan kimia berbahaya seperti nikotin, arsenik, sianida dan zat beracun lain. Lebih dari 50 zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok termasuk merupakan zat karsinogenik atau zat yang memicu munculnya kanker.

Untuk menghindari risiko buruk seorang perokok aktif dan pasif terkena penyakit berbahaya mematikan, air rendaman kunyit bisa diandalkan.

Seperti dikutip suar.grid.id dari Medical News Today, air rendaman kunyit atau air kunyit bisa mencegah sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung dan paru-paru.

Kedua penyakit berbahaya ini muncul dan dialami oleh mereka yang sering terpapar asap rokok.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada rekomendasi jumlah khusus untuk mengonsumsi air rendaman kunyit setiap harinya. Namun, karena kunyit termasuk bahan alami yang aman bagi tubuh, air rendaman kunyit bisa diminum sesukanya.

Perlu diketahui berikut ini beberapa khasiat luar biasa yang bisa dirasakan seorang perokok aktif dan pasif dengan mengonsumsi ramuan ini.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan air rendaman kunyit untuk para perokok aktif dan pasif.

Sehatkan Jantung

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit mempunyai kandungan baik yang berguna menyehatkan jantung.

Kandungan antioksidan dan antiperadangan sebagai salah satunya, hal ini juga dibuktikan melalui studi di tahun 2012.

Dimana penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi empat gram kunyit selama liam hari dalam satu minggu bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Sehatkan Paru-paru

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan sciencedirect membuktikan jika zat antiperadangan dan antioksidan pada kunyit mampu meredakan infeksi paru-paru.

Pada penelitian di tahun 2017, memperoleh hasil bahwa kunyit bisa mengobati berbagai kondisi gangguan paru-paru, seperti asma, pneumonia dan kanker paru-paru.

Dua manfaat di atas tentu sangat berguna bagi para perokok aktif yang sulit meninggalkan kebiasaan kecanduan pada rokok.

Namun, perokok pasif juga perlu mengonsumsi ramuan tersebut agar kondisi organ vital seperti jantung dan paru-paru tetap terjaga kesehatannya.

Meskipun, satu-satunya cara efektif menghindari risiko dua penyakit di atas bagi perokok aktif adalah dengan berhenti merokok.

0 komentar: