Turunkan Berat Badan Dengan Diet Jahe, Apa Itu?

teh jahe
Bisa menurunkan berat badan dengan cepat merupakan idaman bagi mereka yang tubuhnya gemuk. Berbagai cara bisa mereka lakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dari olahraga, mengatur pola makan hingga melakukan terapi tertentu.

Tahukah kamu? Ternyata menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi rempah tertentu seperti jahe.

Ya, bukan hanya menyehatkan, diet jahe ternyata ampuh membantu menurunkan berat badan 2-4 kg dalam seminggu!

Menurut praktik kuno Ayurveda, makan dan minum jahe dan olahannya dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil, berbagai penelitian telah menguatkan hal ini.

Dalam Journal of the Science and Food of Agriculture pada tahun 2014, para peneliti menemukan bahwa tikus dengan berat badan berlebih yang diberi jaheol (senyawa yang ditemukan dalam jahe) berat badannya langsung turun setelah mendapatkan suplementasi jahe selama 30 hari.

Bahkan tikus percobaan tersebut juga menunjukkan perbaikan kadar gula darah dan kadar leptin.

Leptin adalah senyawa yang berperan dalam merasa kenyang dan puas setelah makan dan saya sudah membahas dengan seksama pentingnya leptin untuk menurunkan berat badan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi jahe menekan obesitas yang disebabkan oleh diet tinggi lemak dan ini bisa menjadi terapi yang kuat dan menjanjikan untuk pengobatan obesitas dan komplikasinya.

Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol darah serta menaikkan kadar kolesterol "baik" (HDL).

Dengan konsumsi jahe dan olahannya, tubuh akan merasa kenyang lebih lama, juga membantu pencernaan dengan baik, sehingga itu berujung pada penurunan berat badan yang signifikan.

Hal penting lain yang tak kalah mengagumkan dari jahe yaitu manfaatnya dalam memperkuat fungsi metabolisme, sebagai detoksifikasi dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

Efek thermal adalah kemampuan tubuh untuk membakar lemak dan mengolahnya menjadi energi.

Pada dasarnya, efek thermal ini penting, karena semakin banyak energi yang digunakan untuk memproses makanan, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.

Catat, konsumsi makanan yang dapat meningkatkan efek thermal setara dengan olahraga selama dua jam.

Minum air jahe, dapat menjaga agar tubuh hangat dan meningkatkan pembakaran lemak.

Minum air jahe hangat 2-4 cangkir sehari, dapat memperlancar pengeluaran keringat dan memiliki efek diuretik, untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Cara membuat ramuan jahe untuk menurunkan berat badan pun mudah!

Bahan:


- 2 siung jahe segar, atau jahe merah, jika ada. Bakar sebentar.

- Teh hijau atau teh hitam celup.

- Gula merah secukupnya.

- Lemon, iris.

Cara Membuat:

Seduh teh dengan air panas, tambahkan irisan jahe, tambahkan juga irisan lemon, dan beri gula merah secukupnya.

Minum selagi hangat.

0 komentar: