Tips Mengatasi Tulang Ikan Yang Tersangkut Di Tenggorokan

duri di tenggorokan
Ikan adalah salah satu makanan bergizi yang wajib dikonsumsi. Selain sebagai sumber protein, ikan juga mengandung bermacam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Masalahnya, beberapa orang malas makan ikan karena harus direpotkan dengan tulang ikan yang relatif banyak. Bahkan ada yang trauma makan ikan karena pernah masuk UGD gara gara tulang ikan tersangkut di tenggorokan.

Di masa pandemi Covid19, keluhan yang bisa diatasi sendiri sebaiknya dilakukan sehingga kita tidak sampai harus ke rumah sakit, termasuk keluhan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Bagaimana caranya?

Berikut 6 cara mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan:

1. Batuk yang kencang

Cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan yang utama adalah batuk. Pada beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang tersangkut di dalam tenggorokan.

2. Minum air garam

Jika dengan batuk duri ikan tak kunjung hilang, coba minum segelas air hangat yang telah ditambahkan sejumput garam. Apabila tulang ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam sehingga langsung masuk ke saluran pencernaan.

3. Menelan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu pelumas alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Cobalah untuk menelan 1-2 sendok makan minyak zaitun secara langsung, atau mencampurkannya terlebih dulu dengan air hangat.

4. Menelan marshmallow

Kamu dapat menelan marshmallow sebagai cara mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Caranya, isi mulut dengan beberapa buah marshmallow. Kemudian, kunyah marshmallow, tetapi jangan sampai halus atau biarkan sedikit kasar, lalu telan. Tekstur marshmallow yang tebal dan kenyal akan berubah menjadi lengket apabila terkena air liur. Hal inilah yang memungkinkan tulang ikan menempel pada marshmallow sehingga akan luruh menuju saluran pencernaan.

5. Makan buah pisang

Selain marshmallow, cobalah untuk makan beberapa potongan buah pisang dan mengulumnya di dalam mulut. Setelah cukup lembap akibat tercampur dengan air liur, telan pisang tersebut secara perlahan. 

Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan menggunakan nasi. Kunyahlah sekepal nasi, lalu telan secara bersamaan.

6. Menelan roti dan air

Menelan roti yang telah dicelupkan ke dalam air juga menjadi cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Metode ini memungkinkan duri ikan menempel pada roti sehingga akan mendorongnya masuk ke dalam saluran pencernaan.

1 comment:

  1. wak aku sering banget pakai cara menelan pisang dan berhasil :D

    ReplyDelete