Lawan Covid19 Dengan Vitamin D. Bagaimana Caranya?

berjemur sinar matahari
Salah satu pola hidup dalam new normal yang harus kita biasakan adalah berjemur di pagi hari. Nah, apa sih manfaat berjemur bagi kesehatan? Menurut beberapa ahli, paparan sinar UV merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh. Mengapa vitamin D? Karena vitamin D terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh melawan virus corona.

Selain itu, vitamin D juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan otot sehingga tubuh pun menjadi lebih kuat. 

Bagaimana bila kita tidak sempat berjemur? Ternyata sinar matahari bukan satu-satunya sumber vitamin D. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi sumber vitamin D alternatif selain sinar matahari,

Berikut ini adalah beberapa makanan yang kaya akan kandungan vitamin D.

Susu dan Jus Jeruk

Dua jenis minuman ini memang baik untuk tubuh, dan ternyata memiliki kandungan vitamin D yang bagus untuk imunitas tubuh.

Meski demikian, kandungan vitamin D dalam kedua minuman ini memang tidak signifikan.

Segelas jus jeruk terfortifikasi hanya mampu memenuhi sekitar 17 persen kebutuhan vitamin D harian, sedangkan susu hanya memenuhi 16 persen.

Telur

Tidak hanya sebagai salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh, namun telur juga sebagai makanan yang juga mengandung vitamin D.

Namun, kadarnya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu dan jus jeruk, yaitu hanya 7 peren dari kebutuhan vitamin D harian.

Ahli Gizi untuk Work It Out, Lisa Bruno, menyatakan bahwa seseorang bisa mengonsumsi telur secara utuh walau kolesterol yang tinggi berada pada kuning telur, karena vitamin D terdapat pada bagian tersebut.

Jamur

Tidak semua jamur, namun beberapa jamur seperti jenus jamur kancing yang berukuran besar (Portobello) tumbuh di bawah sinar ultraviolet dan membuatnya menjadi sumber vitamin D yang baik.

Jamur-jamur dengan kandungan vitamin D tersebut adalah opsi yang baik bagi vegan yang memang tidak mengonsumsi telur dan susu.

0 komentar: