Beberapa Faktor yang Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Memutuskan Menggunakan Solar Panel

sewatama solar panel

Meskipun semakin banyak gedung dan rumah yang dilengkapi solar panel di Indonesia, namun jika dibandingkan dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika, jumlah penyedia solar panel di Indonesia masih terbilang terbatas jumlahnya. Hal tersebut disebabkan karena untuk pasang solar panel diperlukan beragam pertimbangan. Pertimbangan apa sajakah itu? Untuk lebih jelasnya simak saja ulasan singkatnya di bawah ini.

Sebelum Memasang Solar Panel Pertimbangkan Beberapa Faktor Ini

1. Biaya Instalasi yang Cukup Mahal

Fungsi solar panel memang untuk menghemat listrik, namun untuk proses instalasi solar panel ini membutuhkan biaya yang tidak murah. Oleh sebab itu, biasanya solar panel di Indonesia kebanyakan hanya dipasang pada gedung-gedung bertingkat. Namun, disebabkan karena teknologi solar panel ini masih akan terus berkembang maka tidak menutup kemungkinan di masa depan biaya pemasangannya akan lebih terjangkau.

2. Energi yang Dihasilkan Tergantung Cuaca

Sesuai namanya, solar panel mendapatkan energi yang berasal dari sinar matahari, oleh sebab itu, jika selama beberapa hari terjadi cuaca berawan apalagi hujan, maka akan berdampak negatif pada sistem energi alat tersebut. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil cara alternatif yaitu menggunakan panel termodinamika.

3. Harga Baterai untuk Menyimpan Energi Matahari Masih Mahal

Selain proses instalasi yang membutuhkan biaya cukup besar, storage atau baterai untuk penyimpan energi matahari yang diserap solar panel itu juga terbilang cukup mahal. Energi listrik yang disimpan dalam baterai tersebut berfungsi untuk penggunaan listrik di malam hari. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan listrik yang berasal dari solar panel di siang hari dan listrik dari jaringan lain di malam hari.

4. Ruang Penempatan yang Luas

Jika Anda ingin mendapatkan pasokan listrik yang lebih besar, maka solar panel yang dipasang juga harus lebih banyak. Beberapa atap ada yang ukurannya tidak cukup besar untuk menempatkan jumlah solar panel yang dibutuhkan. Sebagai alternatif, biasanya ada solar panel yang dipasang di halaman dengan akses langsung pada sinar matahari.

Berbagai faktor yang perlu diperhatikan di atas sebelum memasang solar panel membuat Anda perlu lebih detail dalam melakukan konsultasi dengan pihak penyedia solar panel. Namun, tidak perlu khawatir sebab Sewatama sebagai salah satu perusahaan penyedia solar panel akan memberikan layanan terbaik sehingga solar panel yang dipasang akan berfungsi secara optimal sesuai dengan ekspektasi konsumen.

0 komentar: