Benarkah Kopi Menyehatkan? Ini Faktanya

mesin kopi nescafe
Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari. Kondisi ini bisa dilihat dari makin menjamurnya kedai kopi di berbagai pelosok kota sampai dengan pedesaan. Beberapa kedai kopi ini bahkan sampai menggunakan mesin kopi nescafe agar kopi yang dihidangkan ke pelanggannya memiliki cita rasa yang diinginkan.

Kemudian muncul pertanyaan, benarkah kopi itu menyehatkan?

Penelitian tentang manfaat kopi sudah dilakukan sejak berpuluh puluh tahun yang lalu. Pada masa lalu, banyak penelitian tentang kopi yang mengesankan kopi berdampak buruk bagi tubuh manusia. Namun kini, penelitian terbaru tentang kopi justru menyimpulkan hal yang sebaliknya. Menurut penelitian terbaru itu, kebiasaan minum kopi terbukti bermanfaat bagi tubuh.

Mengapa hasil penelitian tersebut bisa berbeda? Karena di masa lalu, penelitian tentang kopi hanya melihat satu aspek saja dari kopi. Para peneliti tidak memperhitungkan faktor lain yang mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang saat rutin minum kopi. Misalnya kebanyakan peminum kopi juga merupakan perokok dan kurang gerak.

Dari berbagai penelitian terbaru, dapat disimpulkan beberapa manfaat kopi bagi kesehatan antara lain:
1. Melindungi seseorang dari penyakit Parkinson.
2. Melindungi seseorang dari penyakit diabetes tipe 2.
3. Melindungi seseorang dari penyakit liver, termasuk kanker liver.
4. Melindungi seseorang dari serangan jantung dan stroke.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, para ahli tidak menutup mata jika peminum kopi juga bisa mengalami beberapa risiko kesehatan. Hal ini dikarenakan oleh kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Misalnya, para peminum kopi bisa mengalami peningkatan tekanan darah yang sifatnya sementara. Para ibu hamil, sedang program hamil dan sedang menyusui sebaiknya berhati hati saat mengonsumsi kafein. Endapan kopi juga berisiko menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Apa kesimpulan yang bisa ditarik? Kebiasaan minum kopi merupakan kebiasaan yang aman dan bisa diteruskan. Kebiasaan ini juga bisa memberikan beberapa keuntungan bagi tubuh. Meskipun demikian, kopi juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan seperti rasa tidak nyaman pada ulu hati, berdebar dan gelisah serta sulit tidur. Bila mengalami salah satu dari efek samping ini, ada baiknya mengurangi minum kopi.