Pantangan Saat Hamil Yang Penting Diketahui

Pantangan Saat Hamil Yang Penting Diketahui


Selain menjaga diri sendiri, saat hamil seorang ibu juga harus menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Untuk menjaganya, ada beberapa pantangan saat hamil yang harus dilakukan karena apa yang dimakan atau dilakukan oleh si ibu akan berpengaruh pada janin di dalam kandungan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa pantangan yang wajib dijalani saat hamil:

1. Makan untuk berdua

Sudah jadi kepercayaan umum bahwa ketika wanita hamil harus makan banyak-banyak karena makannya itu untuk berdua. Untuk dirinya sendiri dan bayi dalam kandungan.

Kebutuhan asupan kalori tidak akan banyak berubah selama kehamilan. Terutama trimester pertama. Memasuki trimester kedua, hanya harus menambah 200 kalori ekstra per hari. Dan menjadi 300-400 kalori per hari di trimester ketiga.

Para ahli menyarankan jangan ubah pola makan sehat menjadi makan sebanyak-banyaknya dengan alasan makan untuk berdua.

2. Lupa minum air

Tampak sepele tapi ternyata bisa berdampak besar. Kurang minum air bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa mengakibatkan kekurangan cairan amniotik dan meningkatkan risiko bayi terlahir prematur.

Mayo Clinic menyarankan wanita hamil untuk minum setidaknya 10 cangkir cairan per hari. Termasuk jus, teh, susu, sayuran dan buah. Hindari minuman manis atau mengandung kafein tinggi.

3. Minum obat tanpa resep dokter

Saat hamil, kondisi tubuh pun berubah. Karena itu jika ingin minum obat atau vitamin hendaknya konsultasikan dulu ke dokter apakah akan berdampak negatif terhadap kandungan.

4. Membersihkan kotoran kucing

Memegang kucing selama hamil sih boleh-boleh saja. Tapi awas, jangan sampai terkontaminasi kotoran kucing atau malah sengaja membersihkan kotoran kucing.

Hal ini disebabkan pada tinja kucing terdapat parasit yang bisa menyebabkan infeksi toxoplasmosis dan berakibat bayi terlahir cacat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar