Manfaat Bir Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Manfaat Bir Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui


minum bir

Mendengar kata bir tentu yang terlintas dalam pikiran kita adalah minuman beralkohol yang berbahaya dan memabukan. Faktanya bir memang mengandung alkohol dan bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran atau mabuk. Benarkah bir itu tidak ada manfaatnya bagi tubuh?

Saya mencoba mencari cari referensi mengenai manfaat bir seperti Bir Guinness bagi kesehatan dan akhirnya saya menemukan beberapa penelitian yang menyimpulkan bir memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut hasil penelitian tersebut yang saya himpun dari berbagai sumber.

1.  Manfaat bir bagi kesehatan otak

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 3.660 peserta, ditemukan bahwa orang yang minum bir kurang dari seminggu sekali akan lebih besar risikonya terkena stroke dibanding yang suka minum bir. Peneliti menyimpulkan, hal ini terjadi karena alkohol memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan.

Tetapi, minum bir terlalu banyak juga akan menyebabkan atrofi otak (volume atau kemampuan otak berkurang). Selain itu, minumlah bir yang kaya akan nutrisi, seperti yang mengandung protein, vitamin B, zat besi, riboflavin dan magnesium.

2. Manfaat bir untuk membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer

Para peneliti di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine menganalisis beberapa studi dan menyimpulkan bahwa para peminum bir 23% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit Alzheimer. Kandungan zat silikon dalam bir akan mencegah berbagai bentuk demensia dan gangguan kognitif, termasuk Alzheimer. Isi silikon dalam bir ini, diduga melindungi otak dari efek berbahaya dari tingginya zat aluminium dalam tubuh, yang merupakan salah satu kemungkinan penyebab Alzheimer terjadi.

3. Bir Kaya dengan antioksidan
Bir yang mengandung antioksidan memiliki kandungan zat xanthohumol. Xanthohumol diketahui memiliki sifat anti-kanker yang membantu menangkis enzim penyebab kanker di dalam tubuh. Orang yang minum bir secukupnya bisa membantu mencegah reaksi kimia tertentu yang dapat menyebabkan kanker prostat pada pria. Bir juga telah terbukti mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara pada wanita.

4. Bir membantu mengobati ketombe

Fakta lain yang menarik tentang bir adalah bir juga bisa digunakan sebagai obat alami yang bisa membasmi ketombe di kepala Anda. Pasalnya, bir dikaitkan dengan kadar ragi yang tinggi dan kaya akan vitamin B. Dengan hanya  membilas rambut Anda dengan bir sekitar dua sampai tiga kali seminggu, ini ampuh  untuk menyingkirkan ketombe dan membuat rambut Anda lembut dan mengkilap.
5. Bir membantu meningkatkan kesehatan jantung

Pada tahun 2012, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bir dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada tubuh. Para peneliti juga menyimpulkan, pada tipe bir ini terdapat zat anti oksidan alami, yang dikenal sebagai fenol. Fenol dan antioksidan inilah yang meningkatkan fungsi jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar