Daftar Makanan Yang Bikin Kenyang Tahan Lama

kelaparan

Pernahkah kamu merasa lapar lagi padahal baru beberapa saat yang lalu makan yang banyak? Jika pernah, pasti kamu penasaran mengapa hal itu bisa terjadi? Apakah ada yang salah dengan sistem pencernaan? Sebelum kamu berpikir yang tidak tidak, saya katakan disini, kondisi itu bisa jadi merupakan sesuatu yang normal dan dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa jenis makanan yang sangat mudah dicerna sehingga memerlukan proses yang cepat di lambung. Selain itu, makanan jenis ini biasanya juga cepat menaikan kadar gula darah untuk kemudian turun juga dengan cepat. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya kembali rasa lapar setelah makan yang banyak.

Masalahnya, bila hal ini dibiarkan maka makanan yang masuk perut menjadi lebih banyak yang berujung pada kenaikan berat badan. Lalu apa yang harus dilakukan? Solusinya ya mencari makanan yang bikin kenyang lebih awet. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa kamu pilih agar rasa kenyang dalam perut bisa lebih awet.

Kedelai

Kedelai merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung serat dan protein yang tinggi. Oleh sebab itu, kedelai sering juga dimasukkan ke dalam menu makanan sehat yang dapat Anda konsumsi, misalnya saat Anda merasa lapar saat larut malam. Protein kedelai juga lebih rendah lemak, rendah karbohidrat dibandingkan dengan jenisn kacang-kacangan lainnya sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula dalam darah dengan cepat. Kadar gula yang rendah dapat mengurangi rasa lapar dan mengurangi jumlah kalori yang disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Apel

Siapa yang tidak kenal buah yang sangat menyehatkan ini? Ya, buah apel merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi karena setiap apel mengandung setidaknya 4,4 gram serat. Jika Anda mengonsumsi apel setengah jam sebelum makan, maka kandungan serat dan air yang tinggi dalam apel dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga saat Anda makan makanan utama, akan akan makan lebih sedikit.

Alpukat

Selain apel, buah lainnya yang kaya serat dan akan membuat Anda keyang lebih lama adalah alpukat. Buah alpukat mengandung lemak yang jenuh atau lemak sehat yang juga dilengkapi serat yang tinggi yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, setiap buah alpukat juga memiliki 13,5 gram nutrinya yang dapat mengenyangkan lebih lama.

Ikan Salmon

Seperti yang kita tahu, ikan salmon sangat tinggi akan protein dan sumber omega-3 yang menyehatkan, sehingga sering menjadi menu sehat saat diet atau selama program menurunkan berat badan.Selain itu, ikan salmon juga dapat meningkatkan sensitivtas glukosa, mengurangi resistensi insulin, membantu mengatasi radang atau infeksi serta mempercepat proses oksidasi lemak. Itulah sebabnya ikan salmon patut menjadi menu pilihan yang menyehatkan dan mengenyangkan lebih lama.

Telur

Sebuah studi kesehatan membuktikan bahwa orang yang makan telur saat sarapan memiliki nafsu makan yang lebih rendah dan hormon PPY (hormon yang membuat kenyang) lebih tinggi. Telur yang kaya akan protein dan lemak akan membuat Anda kenyang lebih lama daripada menu sarapan lainnya.

Sayuran Non-Pati

Sayuran non pati adalah sayuran yang kaya akan kandungan air dan serat, seperti mentipun, brokoli, bayam, wortel, seledri, kubis dan brussel sprouts yang rendah kalori namun sangat kaya akan antioksidan. Sayuran tersebut juga sangat tinggi serat sehingga membuat Anda puas untuk mengunyah dan rasa kenyang yang lebih lama di perut. Jika Anda bukan pecinta sayuran mentah, maka Anda dapat juga mencampurnya dalam menu masakan yang Anda sukai, misalnya sup atau dalam omelet.

Sup Kaldu

Sejumlah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa mengonsumsi sup yang tediri dari cairan dan zat padan seperti sup kaldu hangat dapat menekan nafsu makan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Pilih sup kaldu yang kaya akan serat dengan paduan sayuran dan protein non lemak dari kaldu ayam, sapi atau seafood sehingga mengenyangkan dan tidak membuat Anda cepat lapar. Setiap porsi sup ayam hangat dengan nasi misalnya, jika dimakan di pagi hari, terbukti dalam menekan hawa nafsu dan porsi makan siang.

0 komentar: