5 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

pemeriksaan kolesterol

Pernah mendengar orang yang terkena serangan jantung? Yap, serangan jantung merupakan penyakit jantung yang paling mematikan. Hanya dalam tempo beberapa menit, penderita serangan jantung akan menemui ajal bila tidak cepat ditangani.

Salah satu faktor risiko serangan jantung adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol sendiri merupakan senyawa yang terbentuk di dalam hati dan diperlukan oleb tubuh untuk proses metabolisme. Kolesterol akan bermanfaat jika jumlahnya terjaga atau sesuai dengan yang diperlukan tubuh.

Kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (> 200 mg/dL). Seperti saya sebukan di atas, kadar kolesterol tinggi yang diabaikan secara terus menerus akan meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk salah satunya serangan jantung.

Agar tidak terus terusan tinggi, kadar kolesterol yang terdapat di dalam darah perlu diturunakn. Berikut 5 cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

1. Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Cara yang pertama adalah dengan meminum air jeruk nipis. Sebab di dalam air jeruk nipis terkandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan bermanfaat untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat dalam tubuh. Cra mengkonsumsinya sdalah dengan mencampur air jeruk nipis dengan segelas air hangat dan kemudian diminum. Minumlah secara rutin pada pagi hari sehabis bangun tidur dan malam hari sebelum tidur agar kolesterol jahat anda berkurang.

2. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah

Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan selenium. Penelitian yang melibatkan 4.000 orang mengungkap, memperbanyak makan buah dan sayuran berkaitan dengan rendahnya jumlah kolesterol jahat di dalam darah.

Menurut penelitian, peserta yang mengonsumsi empat porsi buah dan sayur setiap hari memiliki kadar kolesterol jahat yang jauh lebih rendah ketimbang mereka yang hanya makan satu porsi setiap hari. Selain kadar LDL rendah, tingkat antioksidan serat pada tubuh menjadi lebih tinggi, yang akhirnya membu

3. Rutin berolahraga

Olahraga diperlukan bukan untuk menurunkan berat badan saja. Telah dibuktikan bahwa dengan berolahraga maka kadar kolesterol baik pada tubuh akan meningkat. Olahraga merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang tidak memiliki efek samping. Tidak harus olahraga yang membebani tubuh. Cukup olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang. Lakukanlah secara rutin agar kadar kolesterol baik dalam tubuh bertambah dan membunuh kolesterol jahat.

4. Berhenti merokok

Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, oleh sebab itu, berhentilah merokok. Kebiasaan merokok mengakibatkan menurunnya kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain daripada itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku. Jika ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

5. Menurunkan berat badan

Ada lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Cara ini adalah dengan menurunkan berat badan Anda, sebab berat badan berlebih diduga menjadi salah satu penyebab kolesterol. Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kadar LDL yang lebih tinggi dibandingkan kadar HDL di dalam darah. Hal ini disebabkan biasanya orang gemuk sering makan berlebihan dan jarang berolahraga.

Maka dari itu, salah satu cara yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah menurunkan berat badan jika Anda mempunyai berat badan berlebih. Cara menurunkan kolesterol ini didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat di dalam International Journal of Obesity.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa menurunkan berat badan dapat mengurangi terbentuknya kolesterol baru di dalam darah selama lebih dari 6 bulan. Sebenarnya, agar berhasil menerapkan cara ampuh mengatasi kolesterol, Anda hanya perlu menurunkan berat badan Anda hingga batas normal. Efek dari cara penurunan berat badan ini sangat positif sekali untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan HDL Anda.

Anda bisa memotong asupan makan Anda sebanyak 500 kalori per hari sebagai upaya untuk menurunkan berat badan. Jika setelah menerapkan cara menurunkan kolesterol yang satu ini, Anda berhasul menurunkan berat badan, Anda juga harus mempertahankan berat badan Anda agar tidak mudah naik lagi.

1 comment: