Asal Usul Virus Yang Perlu Diketahui

Asal Usul Virus Yang Perlu Diketahui

virus

Akhir tahun 2019 dan awal 2020 adalah saat dunia kesehatan mengalami cobaan yang cukup berat yakni merebaknya wabah virus corona jenis baru atau dikenal dengan nama Wuhan Coronavirus. Ribuan orang dari seluruh dunia (sebagian besar berada di daratan Tiongkok) terinfeksi virus ini dan ratusan lainnya harus meregang nyawa.

Virus corona sebenarnya bukan jenis virus baru yang menyebabkan masalah kesehatan pada manusia. Sebelumnya virus corona jenis lain merupakan biang kerok terjadinya wabah SARS dan MERS.

Nah, sebelum lebih jauh memahami virus corona, ada baiknya kita belajar sedikit tentang asal usul virus. Apa sih makhluk yang bernama virus itu?

Awal Mula Penemuan Virus

Darimana sebenarnya kata virus muncul?, disalin dari britannica.com, kata virus berasal dari bahasa Latin, yaitu “virion” yang berarti racun. Kata tersebut merujuk pada banyaknya penyakit pada tumbuhan, hewan, dan manusia yang disebabkan oleh virus.

Kapan sejarah penemuan virus dimulai?, dikutip dari apsnet.org, Sejarah penemuan virus diawali ketika Adolf Mayer (1883), seorang ilmuwan dari Jerman sedang meneliti penyebab penyakit pada daun tembakau, yang ditandai adanya bercak-bercak. Mayer menemukan bahwa penyakit tersebut dapat ditularkan dari satu tanaman ke tanaman yang lain dengan cara menyemprotkan getah yan diekstraksi dari tanaman yang sakit ke tanaman yang sehat. Mayer menduga bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang berukuran sangat kecil. Hipotesis ini diuji selama satu dasawarsa oleh seorang ahli biologi Rusia Dimitri Ivanowsky, yang menyaring getah dari daun tembakau yang terinfeksi melalui filter yang dirancang untuk menahan bakteri. Setelah filtrasi, getah tetap menyebabkan penyakit mosaik.

Sampai akhirnya muncul nama-mana para penemu virus berikutnya, sebagaimana disalin dari sciencedirect.com (03/11/2014), banyak penelitian dilakukan salah satunya oleh para peneliti seperti Martinus Beijerinck dan Wendell Stanleika, pada masa tahun 1886-1903, merupakan periode awal dari sebuah penemuan virus, bahkan tercatat nama Louis Pasteur dan Edward Jenner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar