Pentingnya Mengatur Pola Makan Agar Jantung Sehat

makanan jantung

Mungkin kamu sudah sering membaca atau mendengar tentang pentingnya mengatur pola makan untuk kesehatan jantung, tapi tahukah kamu pola makan yang bagaimana sih yang sehat buat jantung? Lalu, apakah pola makan yang kamu lakukan selama ini sudah benar atau salah? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, saya akan memberikan beberapa tips pola makan yang kudu kamu ikuti agar jantunya tetap terjaga kesehatannya.

1. Atur porsi makanan

Selain jenis makanan yang kamu makan, porsi makanan yang masuk perut juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar (meskipun itu makanan yang sehat), akan menyebabkan tubuh menerima asupan kalori yang berlebihan. Jangan salah, porsi makan yang disediakan di rumah makan pun kerap melebihi apa yang tubuh butuhkan.
Aturlah porsi makan dengan baik sehingga asupan kalori tubuh tetap terjaga dalam keadaan seimbang. Artinya, kalori yang masuk sesuai dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Seimbangnya asupan kalori menyebabkan berat badan terjaga kesehatan yang akan berujung pada sehatnya kondisi jantung.

2. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah buahan

Sayuran dan buah buahan merupakan sumber utama vitamin dan mineral pada makanan. Selain itu, sayuran dan buah buahan juga rendah kalori, tapi kaya dengan serat. Seperti makanan yang berasal dari tumbuhan yang lain, sayuran dan buah buahan mengandung zat yang dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah buahan dapat mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori seperti daging, keju dan makanan ringan.

3. Kurangi konsumsi lemak tidak sehat

Mengurangi konsumsi lemak tidak sehat seperti lemak jenuh dan transfat merupakan langkah penting untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah sehingga menganggu aliran darah ke jantung dan otak. Bila hal ini berlangsung lama maka akan dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

Demikian tiga langkah sederhana pengaturan pola makan yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

0 komentar: