Kamis, 21 November 2019

Langkah Pencegahan FLu


flu

Anda perlu berhati-hati jika orang-orang disekitar Anda sedang menderita flu. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan kita hingga akhirnya virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Meski sudah ada obat untuk menangani penyakit tersebut seperti obat flu ampuh namun pencegahan jelas lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah flu, beberapa cara berikut bisa Anda coba.

Hindari kafein

Saat ini, kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digandrungi oleh orang-orang. Tidak hanya anak muda, orang tua sekalipun suka mengonsumsi kopi setiap harinya. Kandungan kafein didalamnya membuat konsentrasi tetap terjaga dan membuat peminumnya bisa bekerja lebih produktif. Tapi, disisi lain, kandungan kafein dalam kopi juga perlu dihindari, terutama jika wabah virus influenza mulai bertebaran di sekitar kita.

Mengonsumsi kafein secara tidak langsung dapat membuat tubuh lebih mudah dehidrasi. Dehidrasi merupakan hal yang perlu dicegah karena bisa menjadi gerbang masuk berbagai jenis penyakit termasuk flu. Selain kafein, minuman beralkohol juga dapat membuat tubuh dehidrasi sehingga menjadikannya sebagai salah satu minuman yang perlu dihindari.

Hindari minum antibiotic

Saat sakit dan berkunjung ke dokter, biasanya kita akan mendapatkan serangkaian obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Tapi, tidak hanya obat saja, biasanya akan diselipkan juga antibiotic untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit. Hal inilah yang perlu diwaspadai mengingat antibiotic bisa berdampak baik bagi tubuh namun juga bisa memberikan efek yang kurang baik.

Konsumsi antibiotic bukan berarti bisa menghentikan penyebaran virus di tubuh kita. Sebab, antibiotic bekerja dengan membunuh bakteri di dalam tubuh kita. Ketika serangan virus influenza datang, maka antibiotic tidak bekerja untuk melawannya. Disisi lain, mengonsumsi antibiotic terlalu sering juga akan membuat bakteri dalam tubuh kebal hingga akhirnya antibiotic tersebut kehilangan fungsinya dikemudian hari.

Pencegahan penyakit flu dengan melakukan dua hal diatas bisa secara efektif mengatasi penyakit yang paling umum diderita tersebut. Tapi, sebaiknya, perkaya juga pengetahuan Anda dengan membaca artikelrhinitis alergi dari gue sehat. Jangan lupa juga untuk berjaga-jaga dengan beli obat online jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Semoga bermanfaat.


KomentarKomentar