Sabtu, 16 November 2019

Ini Manfaat Makan Kuaci Yang Penting Diketahui


Selama ini kita mengenal kuaci sebagai salah satu camilan murah untuk mengisi waktu luang. Salah satu kelebihan kuaci dibandingkan dengan camilan yang lain adalah kuaci bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa menimbulkan rasa kenyang.

Berapa banyak dari kita yang sering menyepelekan biji bunga matahari atau yang biasa disebut kuaci? Bentuknya memang kecil dan super mini dibandingkan kacang-kacang jenis lain, tapi jangan kaget jika makanan satu ini memiliki segudang manfaat yang tidak diduga-duga. Simak ulasan mengenai manfaat kuaci untuk kesehatan di bawah ini, yuk.

1. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu manfaat kuaci adalah sebagai pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker. Hal tersebut dikarenakan kuaci mengandung selenium yang merupakan musuh utama sel kanker.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Makan seperempat cangkir kuaci setiap hari mampu menjauhkan diri dari penyakit jantung. Pasalnya, kuaci mengandung lebih dari 60% vitamin E. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh untuk menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri sehingga mampu menunkan risiko kematian dini dari penyakit jantung.

3. Antioksidan yang Baik

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan alami seperti nyeri sendi, infeksi lambung, dan asma bisa diredakan dengan makan kuaci, sebab kuaci biji bunga matahari adalah sumber antioksidan yang baik.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kalsium, tulang juga memerlukan magnesium dan tembaga untuk tetap kuat. Kuaci mengandung kedua mineral tersebut. Bonusnya, kuaci juga mengandung vitamin E yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dari rematik.

5. Memperbaiki Mood

Manfaat kuaci selanjutnya, yaitu bisa memperbaiki mood kamu yang sedang hancur. Karena kuaci sendiri memiliki efek menenangkan. Itu karena kuaci menggandung magnesium yang terkenal bisa menenangkan saraf, sehingga mengurangi menghilangkan stres, migrain dan membuat tubuh rileks.

6. Menurunkan Kolestrol

Manfaat kuaci yang tak kalah penting lainnya yakni dapat menurunkan kadar kolestrol, loh. Karena kuaci menandung senyawa pitosterol yaitu senyawa pada tumbuhan yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan kolesterol. Ketika disajikan saat diet, jenis biji-bijian yang satu ini diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol, menambah respons imun, dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu.

7. Menyehatkan Kulit

Sudah tidak diragukan lagi jika kuanci mengandung banyak sekali vitamin E di dalamnya. Vitamin E yang terkandung dalam kuaci juga mampu menyehatkan dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Nah sekarang sudah tau kan kalau camilan ringan dan mini ini punya khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh? Yuk mulai konsumsi kuaci sebagai camilan sehat di rumah


KomentarKomentar