Sabtu, 23 November 2019

Berikan Anak Makanan Ini Agar Mereka Tumbuh Tinggi


Siapa sih orang tua yang tidak ingin anaknya tumbuh tinggi dan sehat? Tidak sedikit orang tua yang sudah merasa memberikan makanan terbaik buat anak anaknya, tetapi si anak tetap tumbuh gak tinggi tinggi. Pertanyaannya, apakah makanan yang selama ini dikonsumsi oleh anak kita sudah tepat untuk menunjang tumbuh kembang mereka?

Melalui tulisan kali ini, saya mencoba menghimpun dari berbagai sumber tentang makanan untuk anak agar mereka bisa tumbuh tinggi.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik bagi perkembangan tubuh anak karena mengandung asam amino esensial. Telur juga mengandung vitamin A dan D yang penting dalam meningkatkan tinggi badan anak.

Penelitian yang terbit dalam jurnal Pediatrics menunjukkan anak-anak yang sering mengonsumsi telur jarang sekali ditemukan memiliki postur pendek.

2. Susu

Susu mengandung berbagai nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang seperti vitamin D. Vitamin D ini membuat penyerapan kalsium bisa optimal sehingga mendukung pertumbuhan si kecil.

Penelitian yang terbit dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2017 menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi susu sapi memiliki postur lebih tinggi dibanding anak yang mengonsumsi susu alternatif, seperti susu almond atau kedelai.

3. Kedelai

Kadang kedelai (tempe, tahu, atau sari kacang kedelai) bisa dijadikan pelengkap maupun alternatif jika si kecil bosan dengan sumber protein seperti daging. Kedelai merupakan sumber protein nabati yang bisa mendukung tumbuh kembang anak.

4. Gandum utuh

Gandum utuh seperti roti gandum atau sereal mengandung protein, vitamin B serta zat besi yang bisa meningkatkan pertumbuhan anak serta mempercepat metabolisme mereka.


KomentarKomentar