Minggu, 20 Oktober 2019

Inilah Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

minum air putih

Tidak ada yang menafikan manfaat minum air putih bagi kesehatan. Setiap hari kita harus minum yang cukup agar keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga sehingga tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Nah, pertanyaannya, kapan sebaiknya kita minum air putih? Menurut beberapa literatur yang saya baca, tidak ada perbedaan yang signifikan tentang pemilihan waktu minum air putih. Namun, ada beberapa ahli menganjurkan minum air putih saat perut kosong.

Berikut beberapa alasan mengapa minum air putih saat perut kosong itu bermanfaat bagi kesehatan.

1. Meningkatkan metabolisme

Jika kamu sedang diet, kebiasaan ini mampu memberikan dorongan untuk diet. Kondisi ini terjadi karena kinerja metabolisme meningkat hingga hampir 25 persen. Peningkatan metabolisme mampu mempercepat pencernaan makanan dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

2. Tingkatkan kekebalan tubuh

Air berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kebiasaan ini terbukti memperbaiki sistem kekebalan tubuh terutama dalam melawan infeksi.

3. Membersihkan usus

Manfaat minum air putih saat perut kosong yang lain adalah mengatur saluran pencernaan. Air akan memberikan dorongan untuk membersihkan usus. Kondisi ini menjadikan tubuh secara teratur membuang limbah yang tidak bermanfaat.

4. Singkirkan racun

Tubuh mengeluarkan racun berbentuk cair melalui buang air kecil. Kebiasaan ini menjadi salah satu cara membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh. Selain itu juga bisa mencegah kembung.

5. Mencegah serangan migrain

Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya sakit kepada dan migrain dalah kekurangan cairan pada tubuh. Minum air putih ketika perut kosong mempu mengatasi sakit kepala secara alami dan menjaga dari masalah mulut atau gigi.


KomentarKomentar