Jumat, 25 Oktober 2019

Begini Tandanya Saat Tubuh Kecanduan Gula

makanan manis

Makanan manis memang kesukaan banyak orang. Terdapat banyak pilihan makanan manis kaya gula di pasaran yang bisa memanjakan lidah. Tidak sedikit yang saking sukanya dengan makanan manis rela mengeluarkan banyak duit untuk mendapatkannya. Pertanyaannya, apakah makanan manis tersebut memang bikin ketagihan?

Gula memang dibutuhkan tubuh untuk menambah energi. Namun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah membatasi asupan gula harian per orang dalam satu hari yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh.

Kenyataanya ada saja orang yang mengonsumsi lebih dari batasan itu hingga mengalami ‘kecanduan’ gula. Jika kamu mengalami tanda-tanda ini, artinya tubuhmu sudah ‘kecanduan’ gula dikutip dari berbagai sumber.

1. Ngidam karbo

Ada saja orang yang selalu ingin makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya roti, spageti, pasta atau nasi. Karbohidrat dipecah dalam tubuh menjadi gula. Ada dua jenis karbohidrat, sederhana dan kompleks.

Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat cepat dicerna dan gampang terurai menjadi glukosa. Sementara karbohidrat kompleks merupakan makanan berindeks glikemik rendah. Karbohidrat komplek butuh waktu lama untuk dicerna dan tak gampang terurai menjadi glukosa. Makanan jenis ini membuat kenyang.

2. Selalu merasa lelah

Kelelahan bisa disebabkan beberapa hal. Mengonsumsi gula terlalu banyak salah satunya. Orang yang merasa lelah dan setelah mengonsumsi makanan manis dapat kembali berenergi, tandanya orang tersebut memang kecanduan gula.

3. Bad mood, makan manis

Ada yang kalau bad mood kemudian makan yang manis-manis bisa membuat mood baik kembali? Itu bukan karena keajaiban gula, tetapi karena tubuhmu sudah kecanduan gula.

Stres atau emotional eating (makan saat emosional) dapat memperburuk kondisi ini. Jika kamu merasa sepotong kue manis dapat membuatmu lebih tenang, coba pertimbangkan untuk melakukan manajemen stres.

4. Sakit kepala kalau tidak makan manis

Seperti kecanduan lainnya, saat kamu merasa tidak enak badan dan merasa pusing, merasa cemas, atau bahkan mood mudah berubah ketika mengurangi konsumsi gula, tandanya tubuhmu benar-benar kecanduan makanan manis.

5. Bermasalah pada ingatan

Ada beberapa orang yang memiliki masalah kecil dalam mengingat hal-hal tertentu. Ternyata mengonsumsi banyak gula dapat memengaruhi hal tersebut dengan mengurangi jumlah protein di otak yang fungsinya untuk membantu menangani daya ingat.

Selain itu, terlalu banyak gula dapat berdampak mengembangkan penyakit demensia atau Alzheimer di usia tua.


KomentarKomentar