Kamis, 25 Juli 2019

Wajib Baca! Ini Penyebab Sirkulasi Darah Tidak Lancar

gangguan sirkulasi darah

Agar organ tubuh dapat berfungsi secara optimal, kebutuhan oksigen dan zat zat gizi harus terpenuhi dengan baik. Sistem tubuh yang bertugas mengatur asupan oksigen dan zat gizi ke seluruh organ tubuh adalah sistem sirkulasi darah.

Sirkulasi darah tidak lancar akan mengakibatkan efek pada berbagai organ dan jaringan. Seharusnya anda jelas penyebab-penyebab yang bisa bikin rotasi darah tidak lancar, supaya dapat menghindarinya.

Ada sejumlah penyakit yang dapat bikin rotasi darah berubah menjadi tidak lancar, yakni:

1. Diabetes

Diabetes akan menambah kadar gula dalam darah, resiko periode panjang dari penyakit ini akan bikin rotasi darah di badan berubah menjadi tidak baik. Satu diantaranya bisa menyebabkan rasa kram atau ngilu di kaki, betis, paha, atau pantat. Kram itu biasanya akan bertambah parah disaat Anda melakukan aktivitas fisik.

2. Peripheral artery disease (PAD)

Penyakit arteri perifer dipicu oleh tumpukan lemak dalam dinding arteri perifer pada kaki. Oleh karena itu, arteri berubah menjadi sempit dan saluran darah ke otot- otot kaki berubah menjadi menyusut. Penyakit dapat menyebabkan timbulnya keluhan ngilu enteng hingga sampai berat dan biasanya akan menyusut disaat istirahat.

Penyakit arteri perifer riskan terjadi pada seorang lansia, perokok, orang yang mengalami penyakit seperti sindrom metabolik, jantung koroner, kolesterol tinggi, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

3. Vena varikosa

Keadaan ini dikenal sebagai varises. Varises terjadi disaat katup kecil dalam pembuluh darah vena tidak memiliki fungsi secara benar.

Pembuluh darah vena memiliki katup kecil yang teratur buka dan tutup untuk mengawasi saluran darah tetap lancar. Kalau katup itu rusak atau melemah, karena itu saluran darah berubah menjadi tidak lancar dan bergabung di pembuluh darah vena. Soal ini akan menyebabkan pembengkakan pembuluh darah vena itu.

4. Penyakit Raynaud

Pada penyakit Raynaud, pembuluh darah akan menyempit disaat badan kedinginan atau mengalami depresi. Oleh karena itu, rotasi darah berubah menjadi tidak lancar.

Gara-gara rotasi yang tidak lancar kulit bisa menjadi pucat dan biru. Pasien penyakit Raynaud pula riskan mengalami cedera dan kematian jaringan pada wilayah yang mengalami masalah rotasi.

Jangan kira sepele keadaan rotasi darah tidak lancar. Kalau Anda seringkali merasakan gejala-gejala rotasi darah tidak lancar, segera periksakan diri ke dokter untuk jelas dikarenakan dan mendapatkan penyembuhan yang sesuai


KomentarKomentar