Minggu, 21 Juli 2019

5 Manfaat Tape Singkong Yang Wajib Diketahui


Salah satu jenis jajanan yang kerap dijual di pinggir jalan adalah tape singkong. Penggemarnya pun tidak terbatas dari kalangan tertentu. Rasa manis dengan aroma khas merupakan salah satu kelebihan tape singkong yang berhasil memikat pecinta kuliner.

Berbeda dengan makanan hasil fermentasi lain yang umumnya terasa asam di lidah, rasa tape singkong justru didominasi oleh rasa manis sehingga bikin ketagihan.

Selain enak di lidah, tapi singkong juga kaya dengan kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, kalsium, dan fosfor di dalamnya. Selain itu, tape yang merupakan makanan fermentasi juga mengandung banyak bakteri baik.

Manfaat yang didapat dari tape, berawal daei proses fermentasi singkong menjadi tape, hal ini dipercaya dapat menghilangkan kadar zat beracun seperti sianida yang terkandung di dalam tape. Di samping racun yang hilang, mikroorganisme yang ada dalam ragi justru membantu mengikat vitamin dan mineral yang ada pada singkong. Itulah mengapa begitu istimewa nya tape singkong sebagai makanan fermentasi.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari tape singkong:

1. Baik untuk pencernaan

Tape singkong bermanfaat untuk memelihara saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan probiotik atau bakteri baik dari makanan fermentasi tape ini, berasal dari ragi tape. Bakteri baik ini memiliki fungsi untuk menjaga fungsi usus hingga mencegah kanker usus, dan tentunya berdampak pada pencernaan yang baik.

2. Sumber karbohidrat yang baik

Singkong merupakan karbohidrat yang lebih baik karena memiliki kadar GI (glycemic index) yang lebih rendah dari pada nasi. Itulah mengapa tape bermanfaat sebagai sumber karbohidrat, yang sangat penting untuk sumber energi bagi tubuh.

3. Nutrisi bagi tulang dan sendi

Tape singkong bermanfaat menjadi nutrisi bagi tulang dan sendi. Karena tape singkong memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini merupakan mineral yang sangat penting untuk memelihara tulang dan sendi, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit seperti osteoporosis dan osteoarthritis.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat tape singkong juga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Tape singkong dipercaya dapat mengikat dan mengeluarkan toksin atau racun dari tubuh, sehingga detox bisa dilakukan saat bersamaan dengan lancarnya pencernaan.

5. Mengontrol tekanan darah

Tape dipercaya bisa menetralkan tekanan darah. Tape singkong mengandung kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk menjaga tekanan darah normal. Kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Dan tentunya dampak baik dari tape bisa menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung.


KomentarKomentar