Rabu, 05 Juni 2019

7 Ciri Orang Yang Sedang Tidak Bahagia


Kebahagiaan adalah salah satu hal yang sangat diidam idamkan oleh banyak orang. Bahagia berarti kondisi pikiran dan sikap kita positif terhadap lingkungan. Dalam dunia kesehatan, bahagia berhubungan dengan proses kimia tertentu dalam tubuh khususnya hormon yang membantu kita merasa bahagia dan nyaman. Nah, bila hormon hormon ini berkurang maka tubuh akan merasakan ketidakpuasan dan bahkan depresi.

Melalui tulisan ini, saya akan mengajak pembaca Medisiana untuk melihat ciri ciri orang yang sedang mengalami penurunan hormon kebahagiaan. Berikut 7 diantaranya:

1. Makan manisan dan keripik

Kalau kamu mendadak pengen makanan yang manis-manis maupun keripik, maka kamu mungkin memiliki kadar serotonin yang rendah. Manisan memang bisa meningkatkan hormon tersebut. Suasana hatimu juga akan membaik, tapi ini hanya terjadi dalam waktu singkat. Akibatnya, tingkat hormon kebahagiaan ini semakin berkurang dan kamu akan merasa bahwa kamu membutuhkan makanan sejenis ini lagi, lagi, dan lagi.

2. Berat badan bertambah

Kurangnya dopamin dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain fakta bahwa kamu tertarik pada makanan manis dan tidak sehat, kamu juga akan makan dalam porsi berlebihan. Ini terjadi karena kamu mencoba mengimbangi rendahnya kadar hormon ini dengan makan. Akibatnya, kecanduan makanan terus terjadi.

3. Nyeri payudara

Kurangnya hormon lain yang memengaruhi suasana hati kita, juga memengaruhi kondisi kesehatan kita. Ketika seorang wanita memiliki tingkat estrogen yang rendah, wanita kemungkinan akan mengalami nyeri payudara. Ini dapat terjadi selama menstruasi.

4. Tingkat empati yang rendah

Studi menemukan hubungan antara empati dan oksitosin. Hormon ini memengaruhi suasana hati, sama seperti yang lain. Jadi, kalau kamu merasa sulit berempati dengan orang lain atau kamu memiliki masalah dalam mengenali ekspresi wajah, maka kamu mungkin mengalami kekurangan oksitosin.

5. Sakit kepala

Sakit kepala dapat terjadi karena kurangnya progesteron, hormon lain yang dapat meningkatkan suasana hati. Nyeri ini dapat terlihat nyata ketika seseorang mengalami migrain. Sebaliknya, hormon ini penting selama kehamilan, sehingga gejala progesteron rendah pada wanita hamil mungkin berbeda dan harus dikendalikan.

6. Insomnia

Insomnia adalah salah satu tanda rendahnya kadar serotonin. Ini bisa terlihat ketika seseorang mengalami masalah atau kesulitan tidur yang menyebabkan perubahan suasana hati. Orang yang mengalami stres, depresi, dan gaya hidup yang monoton cenderung mengalami penyakit ini.

7. Tremor

Tremor dapat terjadi karena kurangnya hormon dopamin. Ini adalah gerakan yang tidak disengaja dalam tubuh yang disebabkan oleh kontraksi otot. Paling sering, tremor terjadi di tangan.

Jadi, apakah saat ini kamu merasa bahagia atau sebaliknya?


KomentarKomentar