Kamis, 23 Mei 2019

Tips Sehat Saat Berpuasa


Ibadah puasa telah beberapa hari dilaksanakan oleh teman teman umat muslim, tulisan tentang tips berpuasa sehat pun telah banyak ditulis. Meskipun demikian, saya kembali memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan umat muslim agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib untuk dijalankan bagi semua muslim di bulan suci ramadhan dimanapun berada. Agar dapat menyelesaikan kewajiban tersebut, kita harus mempunyai kondisi kesehaan tubuh yang baik dan sehat. Agar dalam menjalankan ibadah tersebut tetap sehat dan prima, ikutilah 5 langkah berikut:

Hindari Rasa Lemas

Tubuh kita selama puasa memerlukan asupan kalsium untuk menghindari rasa lemas akibat tubuh mengambilnya dari tulang.

Penuhi Kebutuhan Cairan.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh sebanyak 2,5 liter per hari. Selain berfungsi menghalau dehidrasi, cairan juga membantu membawa sel pemicu kanker usus keluar.

Jangan Lupa Serat

Pastikan kecukupan serat Anda terpenuhi agar tidak terkena sembelit. Selain itu makanan serat juga dapat membantu Anda menahan rasa lapar karena tubuh memerlukan waktu yang lama untuk mencerna makanan berserat.

Tambahan Vitamin dan Mineral

Pastikan karbohidrat kompleks (nasi, kentang, ubi) dan lemak masuk ke tubuh saat sahur dan berbuka, dan perbanyak makanan yang mengandung vitamin A, B, C serta mineral, agar tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Penuhi Asupan Kalsium

Jika Anda ingin pembakaran lemak terjadi lebih cepat terjadi di tubuh Anda, pastikan asupan kalsium yang Anda konsumsi cukup. Ini bagus bagi Anda yang sedang diet. Karena ketika seseorang kekurangan kalsium, maka tubuhnya akan menghasilkan calcittriol, yaitu hormon yang memperlambat proses pencernaan lemak di dalam tubuh.

Semoga beberapa tips ini bermanfaat bagi kawan kawan yang sedang menjalankan ibadah puasa sehingga ibadahnya bisa berjalan dengan sukses sampai akhir.


KomentarKomentar