Minggu, 12 Mei 2019

Sedang Menderita Diabetes? Cobalah Untuk Minum Kopi




Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang saat ini makin populer dengan jumlah penderita yang semakin meningkat. Indonesia bahkan telah menjadi negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Apa sih penyakit diabetes itu dan apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya? Mungkin tulisan ini bisa bermanfaat.

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi tubuh Anda memproses gula darah. Gula darah adalah salah satu komponen penting dalam tubuh Anda, karena gula darah merupakan sumber energi untuk otak, otot, dan jaringan tubuh Anda. Kalau Anda terkena diabetes, berarti tubuh Anda kelebihan gula darah dan dapat menyebabkan masalah-masalah serius pada kesehatan Anda.

Beberapa tanda-tanda umum seseorang terserang diabetes di antaranya merasa haus terus-menerus, berat badan tiba-tiba menurun tanpa alasan yang jelas, merasa lemas, iritasi, dan lain sebagainya. Kalau Anda merasa mengalami tanda-tanda terkena diabetes, Anda perlu menghubungi dokter secepatnya untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Manfaat kopi bagi penderita diabetes

Keuntungan kopi untuk diabetes sebenarnya berbeda-beda bergantung kasusnya. Diskusi ini dimulai dari penelitian yang dipublikasikan di Diabetologia. Para ilmuwan dari Harvard meneliti 100.000 orang selama 20 tahun, dan penelitian dipusatkan setiap 4 tahun sekali. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi lebih banyak (lebih dari segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 11% lebih kecil. Akan tetapi, orang-orang yang mengurangi konsumsi kopi (hanya segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes 17% lebih tinggi.

Pakar kesehatan dr. Benny Santosa, SpPD, KEMD, menyebutkan bahwa mitos ini tidak benar adanya. Menurut beliau, sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kafein bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, termasuk bagi mereka yang menderita diabetes. Alih-alih melarang konsumsi minuman ini, ada baiknya kopi justru dikonsumsi para penderita diabetes karena adanya kandungan kafein dan antioksidan yang baik bagi otot-otot jantung dan kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

Dalam sebuah jurnal dari perkumpulan medis di Amerika justru mengemukakan tentang manfaat kopi. Penelitian itu menunjukkan adanya efek perlindungan dari kopi kepada seseorang yang berisiko terkena diabetes dengan mengkonsumsi kopi. Riset ini melibatkan pria dan wanita penikmat kopi. Hasil akhir dari penelitian didapatkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2.


KomentarKomentar