Minggu, 12 Mei 2019

Jangan Lakukan Hal Hal Seperti Ini Selama Bulan Puasa


Puasa ramadhan sudah berjalan beberapa hari, apa yang saat ini kamu rasakan? Mudah mudahan puasamu berjalan lancar. Untuk menambah kelancaran ibadah puasa, kali ini saya akan memberikan beberapa tips seputar bulan puasa, terutama beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sepanjang bulan ramadhan.

Bulan Puasa memang menjadi bulan istimewa bagi umat islam, tidak terkecuali di negara berflower yang jumlah umat muslimnya mencapai 85%. Di bulan ini banyak kita menemukan berbagai macam makanan khas dan minuman yang jarang dijual dibulan-bulan lain.

Masyarakat juga punya tradisi masing-masing dalam menjalani puasa. Namun, sudahkah kalian mengetahui hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak boleh dilakukan saat puasa gaes? Simak penjelasan lengkapnya ya, baca sampai abis.

1. Melakukan Olahraga Ekstrem

Dikutip dari pernyataan dr. Sungadi Santoso dalam Youtube channelnya SB30 Health, yang mengatakan bahwa saat puasa kita tidak makan dan minum sehingga tubuh tidak menerima asupan cairan.

Kegiatan-kegiatan seperti olahraga berat yang cenderung menguras cairan tubuh sebaiknya dihindari karena cairan tubuh yang keluar tidak dapat digantikan.

2. Bekerja Dibawah Terik Matahari
Dokter yang kerap disapa dr. Sung ini, juga menambahkan keluarnya cairan tubuh dapat berupa keringat yang keluar dari kulit.

Kegiatan yang banyak dihabiskan dibawah terik matahari akan mengeluarkan cairan tubuh lebih banyak dari biasanya. Keluarnya caiiran tubuh ini sulit digantikan dan bisa saja menyebabkan dehidrasi.

3. Mengonsumsi Kafein

Pernahkah kamu minum kopi lalu bolak-balik kamar mandi? Jika iya, itu adalah efek dari kafein gaes. Kafein memiliki sifat diuretik atau mengeluarkan cairan tubuh lebih sering, biasanya lewat urine atau saat buang air kecil.

Nah, saat puasa saang tidak dianjurkan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein karena efek diuretik akan menyebabkan kamu cepat haus dan kehilangan cairan tubuh.

4. Berbuka dengan Yang Manis, Benarkah?

Seringkali kita menderngar anjuran mengonsumsi makanan atau minuman yang manis saat berbuka puasa, namun benarkah pernyataan tersebut? Ternyata pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar lho gaes, dr. Sung dalam channel Youtubenya menerangkan bahwa sebenarnya makanan manis tidak selalunya harus dikonsumsi saat berbuka puasa.

Karena saat puasa tubuh tidak meghasilkan insulin, dan jika pada saat berbuka tubuh langsung menerima makanan manis akan menyebabkan produksi insulin dalam jumlah banyak. Sebaiknya konsumsi air putih terlebih dahulu dan jika mengonsumsi yang manis, pilihlah yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan kurma.

5. Mengonsumsi Gorengan

Wah, siapa nih yang kalo berbuka suka makan gorengan? Memang enak pas berbuka makan gorengan, apalagi dicocol sambal atau dimakan sama cabe. Tetapi, taukah kamu gaes, kalo mengonsumsi banyak gorengan saat berbuka akan menyebabkan radang tenggorokan dan memperparah sakit maag. “minyak dalam gorengan menyebabkan tenggorokan menjadi serak dan akhirnya radang”, ujar dr. Sung.

Sebaiknya saat berbuka gorengannya dikurangi ya gaes, dan juga tingkat kepedasan dari sambalnya juga dikurangi agar lambung tidak kaget saat menerima makanan yang masuk.

6. Kenyang, Lalu Tidur

Ini nih, kebiasaan orang Indonesia kalo udah abis makan trus tidur.

Nah, kebiasaan seperti ini sebaiknya dihilangkan ya gaes. Karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Makanan yang belum sempat dicerna secara sempurna oleh lambung akan naik ke dada dan membuka katup antara lambung dan kerongkongan, sehingga biasanya dada akan sesak oleh makanan.


KomentarKomentar