Senin, 20 Mei 2019

Cara Ampuh Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat


Selama usia subur, perempuan tidak akan lepas dari rutinitas yang namanya datang bulan atau haid. Siklus haid baru akan berhenti saat seorang perempuan hamil atau memasuki usia menopause.

Meskipun boleh dibilang ritual rutin tiap bulan, tidak sedikit perempuan yang mengeluhkan munculnya rasa nyeri atau kram saat haid. Saking nyerinya, aktivitas sehari hari pun terganggu.

Nyeri haid sendiri disebabkan oleh konstraksi otot otot uterus atau rahim saat mengeluarkan darah sisa haid. Dan saat otot tersebut menekan pembuluh darah yang membuat oksigen jadi berkurang yang bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat sehingga bisa menyebabkan perut menjadi keram saat menstruasi.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu coba, diantaranya :

Olahraga 

Kamu haurs rajin berolahraga karena bisa mengurangi keram perut saat menstruasi karena otot yang sehat bisa mengurangi rasa sakit saat kontraksi, kamu bisa berolahraga ringan jika tidak punya waktu banyak. karena dengan olahraga juga bisa menimbulkan endrofin yang bisa membuat pikiran menjadi tenang dan mengurangi sakitnya.

Pola makan 

Kamu harus bisa menghindari makanan yang menyebabkan air berlebihan dalam tubuh yang bisa menimbulkan perut kembung. selain itu kamu harus bisa menghindari minuman berkarbonasi, kafein, makanan berlemak, alkohol dan makanan yang mengandung garam berlebihan.

Pijitan 

Untuk menurunkan rasa sakit kamu juga bisa melakukan pijitan di punggung dan bagian samping badan kurang lebih selama 15 menit hal ini bisa menurunkan keram untuk memijit kamu bisa gunakan esential oli yang bisa memberikan efek tenang pada pikiran dan pijitan juga lebih sempurna karena licin.

Kompres air hangat 

Cara terakir jika keram datang tiba tiba saat menstruasi kamu bisa kompres dengan air hangat pada bagian perut bawah hal ini bisa mengurangi rasa sakit. untuk mengompres kamu bisa menggunakan botol yang diisi dengan air hangat.

Bagimana mudah bukan tetapi yang lebih baik untuk mengurangi keram perut saat menstruasi kamu bisa berolahraga ringan setiap hari agar rasa sakit tidak begitu besar, untuk olahraga kamu bisa berjalan kaki atau joging selama 30 menit saja


KomentarKomentar