Senin, 13 Mei 2019

7 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa.


Umat muslim baru saja memasuki bulan puasa. Selain menahan lapar dan haus, bulan puasa atau bulan ramadan juga dimanfaatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Salah satu kebiasaan yang sulit dihilangkan saat bulan puasa adalah mager alias malas gerak. Sebagian malah memanfaatkannya untuk tidur tiduran sambil menunggu waktunya buka puasa. Tapi benarkah tidur tiduran atau tidur siang saat berpuasa itu tidak baik? Mari kita bahas.

Bulan puasa memang identik dengan tubuh lemas karena asupan makanan dan minuman tidak ada sampai waktu buka tiba. Hal yang sering di lakukan waktu siang hari adalah tidur siang. Jika waktu tidur tidak terlalu lama,maka akan membawa dampak atau manfaat yang positif bagi tubuh.

Berikut manfaat tidur siang saat puasa:

1. Memberi waktu bagi pencernaan untuk membersihkan diri. Dengan berpuasa, pencernaan akan istirahat dan membersihkan diri.

2. Mengeluarkan gas dari dalam tubuh. Dengan tidur siang, gas dalam tubuh akan mudah keluar sehingga perut tidak kembung.

3. Metabolisme pencernaan menjadi lancar. Metabolisme pencernaan menjadi lancar dengan tidur siang karena tubuh bisa istirahat dari aktivitas.

4. Meredakan stress. Dengan tidur siang,pikiran menjadi ringan dan santai.

5. Penyerapan nutrisi yang baik. Penyerapan nutrisi tubuh menjadi baik setelah tidur siang.

6. Membantu melawan rasa lapar dan haus. Tidur siang bisa mengalihkan perhatian untuk tidak merasa lapar dan haus saat berpuasa.

7. Memulihkan kembali tenaga di tubuh. Setelah tidur siang,badan menjadi lebih segar dan stamina pulih kembali.

Demikian manfaat tidur siang bagi orang yang berpuasa,namun jangan di jadikan bermalas-malasan dan tidak bekerja.Bekerjalah seperti hari biasa dan gunakan waktu untuk tidur siang,sehingga badan tetap segar dan sehat.


KomentarKomentar