Senin, 13 Mei 2019

4 Manfaat Bawang Putih Panggang Yang Dikonsumsi Setiap Hari


Meskipun manfaat kesehatan bawang putih telah banyak diketahui, kebanyakan orang masih enggan untuk mengonsumsinya karena baunya yang menyengat. Selain baunya yang menyengat, bawang putih juga memiliki rasa yang tajam sehingga memunculkan rasa ogah mengonsumsi dalam bentuk mentah. 

Solusinya, bawang putih dikonsumsi dalam bentuk matang baik dengan cara direbus, dibakar atau dipanggang. Membakar atau memanggang bawang putih menyebabkan rasa bawang putih menjadi lebih manis dan tidak menimbulkan rasa mual saat dikunyah.

Berikut beberapa manfaat makan bawang putih panggang tiap hari.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang terbit dalam Journal of Postgraduate Medicine mengungkapkan khasiat bawang putih panggang terhadap penurunan kolesterol. Makan bawang putih panggang selama 10 gram tiap hari dan dilakukan selama 2 bulan berturut-turut terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol.

Dengan demikian bisa mencegah penyakit yang diakibatkan kolesterol tinggi seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Mengendalikan tekanan darah tinggi

Di dalam bawang putih juga terkandung senyawa polisulfida yang bisa mengendalikan tekanan darah serta melancarkan pembuluh darah yang tersumbat. Manfaat ini sangat penting untuk menjaga jantung tetap sehat.
3. Mencegah kanker

Bawang putih banyak mengandung senyawa antioksidan yang bisa mencegah kanker. Dan hal ini telah dibuktikan dalam penelitian oleh Linus Pauling Institute. Menurut penelitian tersebut, kandungan nutrisi pada bawang putih mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain senyawa antioksidan, dalam bawang putih juga terdapat senyawa antibakteri yang berguna menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Itulah hal baik yang dapat terjadi ketika kamu mengonsumsi bawang putih panggang tiap hari. Minat mencoba?


KomentarKomentar