Sabtu, 25 Mei 2019

3 Kebiasaan Buruk Penyebab Batu Ginjal


Batu ginjal atau batu saluran kemih adalah penyakit saluran kemih yang cukup banyak penderitanya di Indonesia. Menurut sebuah riset, sekitar 1% penduduk Indonesia menderita batu ginjal dan mereka yang telah pernah menderita batu ginjal berisiko tinggi mengalaminya lagi dalam kurun waktu 10 tahun.

Mengingat cukup banyaknya penderita batu ginjal di Indonesia, sudah barang tentu hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Dan tentu saja tidak ada yang mau menjadi salah satu penderita batu ginjal.

Agar terhindar dari batu ginjal, ada baiknya kita mengenal kebiasaan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan tumbuhnya batu ginjal. Berikut tiga diantaranya:

1. Kurang minum

Hayo siapa yang malas minum kalau udah sibuk kerja? Jangan begitu lagi ya. Manusia butuh setidaknya 8 gelas sehari supaya urine tidak kental dan ginjal mampu melarutkan garam yang bisa berpotensi membentuk batu ginjal.

Kamu bisa ngecek sudah cukup minum atau belum lewat warna urine. Kalau warnanya masih pekat berarti kurang minum. Sudah cukup minum ditandai dengan warna urine berwarna kuning terang.

2. Gemar menyantap makanan asin

Jenis makanan asin seperti makanan instan mengandung MSG, makanan olahan (sosis, ham, bacon), kecap asin, atau keripik mengandung sodium tinggi.

Terlalu banyak sodium dalam urine bisa menghalangi penyerapan kalsium dalam tubuh. Akibatnya, kalsium akan menumpuk di dalam urine dan mengendap membentuk batu kalsium (salah satu jenis batu ginjal).

3. Sering makan daging

Hati-hati kebanyakan konsumsi daging. Bisa menyebabkan urine jadi asam. Akibatnya terbentuk batu ginjal jenis asam urat dan oksalat.

Itulah beberapa kebiasaan sederhana yang jika terus dilakukan bisa mengakibatkan batu ginjal walaupun usia masih muda. Jadi sebaiknya dihindari ya.


KomentarKomentar