Sabtu, 27 April 2019

Tips Mencegah Anemia Saat Hamil


Pada saat kehamilan, kebutuhan nutrisi termasuk juga zat besi akan meningkat. Ini salah satunya mengingat pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia. Anemia dapat mendatangkan berbagai akibat buruk pada ibu serta janin. Untuk itu, memastikan kebutuhan tubuh akan zat besi sebagai pembentuk sel darah merah sangatlah penting.

Nah setelah mengetahui mengenai pentingnya zat besi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia selama masa kehamilan. Salah satunya tentu saja dengan memastikan kebutuhan akan zat besi pada tubuh benar-benar terpenuhi. Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

1. Mengonsumsi makanan kaya akan zat besi

Zat besi memang menjadi kunci penting dari upaya pencegahan anemia. Sedangkan zat besi merupakan salah satu mineral yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga membutuhkan "bantuan" dari pasokan makanan.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan zat besi antara lain seperti daging, ayam, ikan, telur, kacang kering dan gandum utuh. Satu hal yang wajib diketagui, kandungan zat besi pada produk makanan hewani (atau heme) jauh lebih mudah diserap tubuh dari pada zat besi yang berasal dari sayur mayur.

2. Mengonsumsi makanan kaya akan asam folat

Selain zat besi, asam foat juga penting untuk pembentukan sel darah merah. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan asam folat antara lain seperti kacang kering, sayuran berdaun hijau gelap, biji gandum dan jus jeruk.

Asam folat juga akan membantu dalam pembentukan serta perkembangan janin. Sehingga ibu hamil memang dianjurkan banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan zat mineral ini.

3. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C

Ada banyak sekali keuntungan dari kandungan vitamin C untuk tubuh. Selain dapat membantu mencegah anemia, juga probiotik untuk kesehatan saluran cerna. Sehingga memang tak perlu ragu lagi untuk banyak mengonsumsi makanan seperti buah jeruk dan sayuran mentah segar yang kaya akan vitamin C.


KomentarKomentar