Sabtu, 06 April 2019

Inilah Penyebab Seseorang Menjadi Pelupa


Apakah akhir akhir ini kamu sering melupakan sesuatu? Misalnya kamu lupa dimana menaruh kunci kendaraan atau lupa dengan nama seseorang. Normalnya, kita memang kerap lupa dengan sesuatu yang menurut kita tidak penting, tetapi hal tersebut bisa dikurangi jika kamu bisa melatih daya ingat agar lebih tajam.

Apa sih yang menyebabkan seseorang menjadi pelupa?

Hilangnya kemampuan daya ingat kebanyakan merupakan sesuatu yang normal. Namun, tidak sedikit pula hal tersebut disebabkan oleh suatu gangguan kesehatan. Beberapa diantaranya bisa dipulihkan menjadi normal, namun beberapanya lagi akan makin memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi pelupa.

Usia

Mungkin kamu merasakan makin sulit mengingat sesuatu seiring dengan bertambahnya usia. Pada sebagian orang, hal tersebut merupakan sesuatu yang normal. Selama menurunnya daya ingat tersebut tidak sampai menganggu kehidupan sehari hari, kamu tidak perlu berkonsultasi ke dokter.

Gangguan fungsi kognitif 

Gangguan ini ditandai dengan menurunnya kemampuan untuk mengingat sesuatu. Bila dibiarkan, gangguan fungsi kognitif dapat berubah menjadi demensia.

Demensia

Disebut demensia bila penurunan daya ingat sampai menyebabkan seseorang terganggu kehidupan sehari harinya. Gejala awal demensia misalnya sering mengulang ngulang pertanyaan yang sama, lupa dengan beberapa kata yang umum dan lupa dengan daerah yang kerap dikunjungi. Penyakit Alzheimer merupakan salah satu penyebab demensia yang paling sering.

Cidera kepala dan penyakit otak

Benturan pada kepala atau gegar otak dapat menyebabkan masalah pada daya ingat, meskipun tidak sampai menyebabkan penurunan kesadaran. Selain itu, penyakit pada otak seperti infeksi atau tumor juga bisa menyebabkan gangguan pada daya ingat.

Obat obatan dan alkohol

Obat obatan seperti tranquilizer, anti depresi, beberapa obat hipertensi dan obat obatan yang lain dapat berdampak pada daya ingat. Kegemaran mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat menyebabkan gangguan pada daya ingat.

Kekurangan zat gizi tertentu

Makanan yang sehat bergizi seimbang merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menyehatkan otak. Gangguan daya ingat bisa terjadi bila seseorang kekurangan vitamin B12. Sebagaimana diketahui, vitamin B12 sangat penting dalam menjaga kesehatan sel sel saraf dan sel sel darah merah.

Stress, kecemasan dan depresi

Beberapa gangguan emosional seperti stress, kecemasan dan depresi dapat menganggu daya ingat. Segala sesuatu yang menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi dapat mempengaruhi kemampuan mengingat sesuatu.

Hipotiroidisme

Kekurangan hormon tiroid dapat menyebabkan seseorang menjadi pelupa dan mengalami masalah kognitif yang lain. Hipotiroidisme juga menyebabkan seseorang sulit tidur dan depresi, kondisi ini tentu saja akan memperparah gangguan daya ingatnya.

Gangguan tidur

Otak tidak akan pernah tajam bila kamu kurang tidur. Menurut para ahli, kurang tidur mungkin menjadi penyebab paling sering seseorang menjadi pelupa. Kurang tidur juga bisa menyebabkan gangguan pada mood yang berujung pada kecemasan dan gangguan daya ingat.


KomentarKomentar